Dominasi Tesla di Pasar Mobil Listrik Global Digeser BYD
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 6 Juli 2022 14:00 WIB
Tesla Model Y 2022. TEMPO/Dicky Kurniawan

GOOTO.COM, JakartaTesla dilaporkan telah kehilangan dominasinya di pasar mobil listrik global pada tahun ini. Produsen kendaraan listrik Amerika Serikat itu saat ini tak lagi menduduki posisi teratas pasar EV global.

Itu terjadi setelah posisinya digeser oleh produsen kendaraan listrik asal Cina, BYD. Menurut laporan Hindustan Times, BYD telah menyalip catatan penjualan mobil Tesla di pasar otomotif dunia.

BYD dikabarkan mampu menjual 641.000 kendaraan listrik dalam waktu enam bulan pertamanya di tahun ini. Catatan tersebut naik 300 persen dari penjualan mobil BYD di periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sedangkan Tesla dilaporkan hanya bisa menjual 564.000 unit mobil listrik selama enam bulan awal 2022. Catatan penjualan mobil Tesla ini nyatanya dipengaruhi oleh masalah rantai pasokan dan aturan lockdown di Cina.

Kondisi tersebut yang membuat Tesla terpaksa menghadapi kemacetan multi-cabang belakangan ini dan kesulitan bersaing di pasar EV. Mengingat, beberapa produsen telah membawa kendaraan listrik mereka ke pasar dengan cara yang lebih cepat dari Tesla.

Analis pun memperkirakan bahwa Tesla bakal benar-benar kehilangan posisi teratasnya di pasar mobil listrik pada 2025 mendatang. Di sisi lain, Tesla juga diproyeksikan bakal mengalami keanjlokan yang tajam dalam pangsa pasarnya.

BacaGMC Hummer EV Hanya Produksi 12 Unit per Hari Akibat Krisis Chip

HINDUSTAN TIMES

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Tesla
#BYD
#Mobil Listrik
#EV
#Kendaraan Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi