SERGAP Direncanakan Bakal Jadi Motor Listrik Militer
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 15 Agustus 2022 09:52 WIB
Teknisi melakukan perawatan mesin mobil listrik Itenas Sergap Senyap EV (Electric Vehicle) di Lab Mesin Institut Teknologi Nasional (Itenas), Bandung, Jawa Barat, Rabu, 11 November 2020. Mobil ini juga dilengkapi dengan peluru yang berfungsi sebagai pendobrak. ANTARA/Raisan Al Farisi

GOOTO.COM, JakartaMotor listrik karya anak bangsa SERGAP Electric Tactical Motor Bike direncanakan bakal menjadi kendaraan dinas militer. Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan (Kemhan) pun mendukung wacana tersebut.

Informasi itu dibenarkan langsung oleh Kapuslitbang Alpahan Balitbang Kemenhan Laksma TNI Danto Yuliardi Wirawan. Dirinya menjelaskan bahwa Kemhan sedang mengembangkan motor listrik SERGAP untuk keperluan militer.

"Sementara sedang dikembangkan untuk kebutuhan militer. Tenaganya dari listrik dan menggunakan baterai. Namun, selanjutnya sangat terbuka juga untuk digunakan secara umum. Hanya tinggal versinya saja yang disesuaikan kebutuhannya. Untuk itu, harus terus dilakukan inovasi dan dikembangkan," kata dia, dikutip dari Antara.

Motor listrik berstandar militer ini dikembangkan oleh PT Eltran Indonesia (anak perusahaan LEN) yang berkolaborasi dengan PT BYXE Motor Indonesia (BMI). Modelnya pun diketahui sudah mendapatkan Sertifikasi Uji Tipe dari Kementerian Perhubungan.

"Kami juga berharap motor listrik ini nantinya menjadi pilihan masyarakat sesuai harapan dan target konversi kendaraan listrik yang dicanangkan pemerintah," ujar dia menambahkan. "Ini sekaligus menjadi upaya kemandirian ekonomi atau sarana yang bagus untuk pertahanan. Kita bisa menciptakan dan mengembangkannya sendiri."

Hal itu senada dengan apa yang diutarakan oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong. Menurutnya, penggunaan kendaraan listrik untuk keperluan militer bertujuan mendukung kemandirian industri pertahanan.

"Selain itu menumbuhkembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang ada dalam masyarakat, di kalangan akademisi, komunitas riset dan memberikan apresiasi bagi pelaku atau pencipta teknologi bidang pertahanan," tutup dia.

Baca juga: Unit Hyundai Stargazer Dipastikan Tersedia di Dealer Pluit

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Motor Listrik
#militer
#Kendaraan Listrik
#Kementerian Pertahanan
#TNI

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi