Tips Merawat Rem Mobil Agar Tetap Aman Saat Berkendara
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 1 September 2022 14:37 WIB
Ilustrasi rem cakram sebuah mobil. 27 Desember 2021. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh masyarakat saat ini untuk berbagai kebutuhan. Mobil sendiri terdiri dari banyak komponen salah satunya bagian rem. Rem merupakan salah satu komponen penting pada suatu kendaraan untuk menekan laju kendaraan. Apabila rem mobil mengalami masalah, tentu hal tersebut akan berbahaya bagi pengendara, penumpang mobil dan masyarakat yang berada di jalanan.

Maka dari itu selalu perhatikan serta merawat kondisi rem kendaraan Anda untuk menghindari hal yang tak diinginkan selama berkendara. Berikut tips merawat rem mobil agar tetap aman, dilansir dari laman hondasurabayacenter hari ini, Kamis, 1 September 2022:

1. Cek ketebalan kampas rem dan kualitas minyak rem

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan / 10.000 kilometer untuk melakukan pemeriksaan ketebalan kampas rem dan kualitas minyak rem.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Bersihkan serta beri pelumas pada kampas rem dan kaliper

Saat melakukan perawatan berkala, kampas rem dan kaliper rem juga perlu dibersihkan dengan cairan khusus seperti Brake & Parts Cleaner. Setelah dibersihkan, kemudian diberikan pelumas atau Brake Grease pada kaliper dan kampas rem agar sistem rem tidak mudah panas dan tidak berbunyi saat dioperasikan.

3. Ganti minyak rem secara berkala

Rem cakram pada dasarnya bekerja menggunakan sistem hidrolis atau tekanan dari cairan minyak rem. Agar kualitas minyak rem selalu terjaga, sebaiknya ganti setiap 3 tahun atau 60.000 km sekali. Periksa juga apakah level ketinggian minyak rem berkurang secara tidak wajar, karena hal tersebut dapat disebabkan oleh kebocoran.

4. Lakukan bubut piringan rem

Jika pada saat dioperasikan rem terasa bergetar, maka ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh permukaan piringan rem yang sudah tidak rata. Agar dapat menghilangkan getaran tersebut, maka piringan rem perlu dibubut agar permukaannya rata kembali. Namun, setiap mobil memiliki batas minimal ketebalan piringan rem untuk dapat dibubut. Jika piringan rem sudah terlalu tipis, maka wajib dilakukan penggantian.

5. Waspada jika muncul bunyi

Jika terjadi hal tersebut maka segera bawa kendaraan Anda pergi ke bengkel untuk menghindari bahaya akibat rem gagal bekerja.

Itulah beberapa informasi terkait dengan tips merawat rem mobil. Mulai sekarang selalu perhatikan kondisi rem mobil kendaraan Anda agar selalu aman dan nyaman dalam berkendara.

Baca juga: Tesla Belum Jelaskan Masalah Rem Mobil di Fitur Autopilot, NHTSA Beri Teguran

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi