Pengendara Wajib Tahu, Ini Tips Mengetahui Mobil Anda Boros Bensin
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 7 Oktober 2022 13:00 WIB
Orang-orang menunggu di mobil untuk mendapatkan bahan bakar di sebuah pom bensin di Zalka, Lebanon, 20 Agustus 2021. [REUTERS/Mohamed Azakir/File Photo]

GOOTO.COM, Jakarta - Sejumlah mobil baru saat ini dibekali dengan teknologi yang mengedepankan efisiensi bahan bakar. Akan tetapi hal tersebut nyatanya tidak membuat kendaraan Anda irit konsumsi bensin.

Ada beberapa alasan mengapa mobil menjadi lebih boros bensin. Salah satunya adalah cara berkendara agresif dan mobil jarang mendapatkan perawatan. Hal ini tentu berpengaruh terhadap kehematan kendaraan.

Kali ini redaksi Gooto.com bakal membahas beberapa tips mengetahui bahwa mobil Anda boros bensin. Simak ulasannya di bawah ini, seperti dikutip dari Auto2000 hari ini, Jumat, 7 Oktober 2022:

  1. Sering Isi Bensin

Hal yang paling mudah untuk mengenali apakah mobil Anda boros atau tidak adalah hitung seberapa sering mengisi bensin. Apabila baru saja mengisi bensin pada pagi hari, lalu sudah harus membeli lagi pada sore keesokan harinya, maka ada indikasi bahwa mobil Anda boro.

  1. Asap Knalpot Hitam

Selanjutnya pemilik kendaraan juga bisa melihat warna asap yang keluar dari knalpot. Apabila warnya mulai menghitam, kemungkinan besar terdapat masalah di dalam karburator. Hal inilah yang membuat penyumbatan di pipa-pipa kecil sehingga aliran bensin terganggu.

  1. Suara Mesin Kasar

Suara mesin kasar atau berisik menjadi indikasi bahwa mobil Anda boros bensin. Kondisi ini tidak hanya membuat konsumsi bensin menjadi tidak efisien, tetapi juga berdampak pada kinerja mesin kendaraan. Itu diakibatkan karena klep yang terlalu rapat atau longgar.

  1. Tercium Bau Bensin

Selanjutnya tips untuk mengetahui kendaraan boros adalah tercium bau bensis menyengat. Kondisi ini memungkinkan bahwa kebocoran terjadi pada bagian tangka bensin dan menyebabkan penurunan BBm secara drastis.

  1. Tarikan Mobil Berat

Tips terakhir adalah tarikan mobil mulai terasa berat. Kondisi ini bisa saja disebabkan oleh beban yang berlebih. Dengan begitu mobil harus bekerja lebih ekstra sehingga membuat konsumsi bahan bakar pun bakal meningkat. Hal ini yang akhirnya membuat mobil menjadi boros bensin.

Baca Juga: Mercedes Yakin Bisa Raih Kemenangan di Sisa Seri Formula 1 2022

AUTO2000

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Mobil
#Kendaraan
#boros
#Bensin
#Tips

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi