Dari Tangkal Panas Hingga Tangkal Peluru
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 16 Maret 2009 20:18 WIB
TEMPO Interaktif, Seorang pria pada siang hari yang sangat panas di bengkel Bursa Mobil Atrium, Jakarta, mengamati mobil Suzuki Karimun Estillo-nya yang baru dipasangi film pelindung kaca mobil. "Bagian ini dilepas aja deh, gelap banget, biar bisa liat ke samping dikit" katanya sambil menunjuk kaca segitiga kecil pada bagian samping mobilnya di dekat kaca spion, pada pegawai toko penjual produk dan jasa pemasangan film pelindung yang baru selesai memasang film pelindung pada mobil pria itu. 

Bicara mobil saat ini tidak mungkin tidak bicara film pelindung kaca. Teknologi yang awalnya dikembangkan untuk kepentingan militer dan kini sudah dipasarkan bagi konsumsi sipil itu, setidaknya memiliki tiga fungsi.

Pertama mengurangi intensitas panas atau cahaya yang masuk dari luar ruangan ke dalam ruangan baik itu kabin mobil atau ruangan gedung, kedua mengurangi jumlah panas yang keluar dari sebuah ruangan (biasanya dipasarkan pada daerah berikilm dingin), dan ketiga film pelindung benturan atau yang populer dengan sebutan security film. Jenis yang terakhir itu mampu meningkatkan kekuatan kaca dalam menahan benturan, bahkan konon menurut para pedagang pada bisnis itu ada yang mampu menahan tembakan senjata api.

"Direktur yang baru ditembak itu mobilnya ngga dipasang ini sih," celetuk jahil seorang pedagang aksesoris mobil di pusat perbelanjaan Atrium sambil menepuk beberapa lembar sampel film pelindung kaca yang dipegang rekannya, Senin (16/3).

Apa pun tawaran yang dilontarkan ke pasar, saat ini fungsi film pelindung kaca terbatas pada tiga tujuan di atas. Yang berfungsi mengurangi masuknya panas dan cahaya biasanya dipasang pada sisi luar kaca mobil, yang berfungsi menahan panas yang keluar dari kabin mobil biasanya dipasang pada sisi kaca bagian dalam, sedangkan yang berfungsi memperkuat kaca dari benturan dan melindungi penumpang dari serpihan kaca dipasang pada sisi luar kaca. Jenis yang terakhir itu bisa memiliki ketebalan hingga 400 mikro meter, delapan kali lebih tebal dibanding jenis film penangkal panas, dan memiliki daya magnet yang diklaim oleh para penjualnya mampu meredam gaya sentrifugal peluru dari pistol. "Tapi kalo senjata besar ya tetep tembus," kata Heri, pegawai kepala pada sebuah toko penjual berbagai jenis film pelindung kaca di pusat perbelanjaan Atrium. 

Masuk ke tahap pemasangan, hampir semua penjual produk film pelindung kaca juga menyediakan jasa pemasangan, jadi teknik yang digunakan relatif sama. Namun Heri mengatakan, sebaiknya pilih toko yang memiliki ruangan tertutup untuk memasang kaca film. "Karena debu 0,3 mikron saja bisa mempengaruhi hasil (pemasangan)," tutur Heri.

Lalu berapa harga pasar untuk berbagai jenis film pelindung kaca saat ini? Untuk jenis penangkal cahaya dan panas harga bervariasi antara Rp 700 ribuan hingga mencapai kisaran Rp 5 jutaan. Sedangkan untuk jenis film pelindung benturan terdapat dua jenis; penahan benturan benda keras seperti besi dengan harga berkisar Rp 3 juta, dan penahan tembakan pistol dengan harga sekitar Rp 4,5 juta. Jangan kaget kalau ada film penangkal panas yang lebih mahal dari film penangkal peluru, V-Kool adalah salah satu merek yang menawarkan varian produknya dengan kisaran harga itu.

RONALD | WIKIPEDIA

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi