SMKN 1 Cibinong Dapat Pelatihan Konversi Motor Listrik dari ESDM
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 16 November 2022 14:00 WIB
Konversi Kendaraan Listrik. (Foto: ANTARA/HO-Kementerian ESDM)

GOOTO.COM, Jakarta - SMKN 1 Cibinong, Kabupaten Bogor, mendapatkan kesempatan menerima pelatihan gratis konversi motor listrik dari Kementerian ESDM. Program itu dilakukan pada 7-14 November 2022.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian ESDM memilih 32 teknisi motor yang bekerja di bengkel wilayah Jabodetabek untuk memberikan pelatihan kepada siswa SMKN 1 Cibinong.

Saat itu pelatihan konversi motor listrik tersebut dilaksanakan di dua tempat, yakni PPSDM KEBTKE Jakarta dan SMKN 1 Cibinong, Jawa Barat. Hal itu dibenarkan langsung oleh Kepala PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM Susetyo Edi Prabowo.

"Pelatihan selama delapan hari ini bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu melakukan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik," kata dia, dikutip Gooto.com dari Antara hari ini, Rabu, 16 November 2022.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa materi pelatihan konversi motor listrik tersebut berlangsung selama 80 jam pelajaran. Itu terdiri dari 30 jam pelajaran teori dan 50 jam pelajaran untuk praktik.

Dalam pelatihan ini, Kementerian ESDM juga menghadirkan tenaga pengajar dari Balai Besar Survei dan Pengujian KEBTKE dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang berpengalaman dan kompeten.

Menurut Susetyo, kegiatan konversi motor listrik membutuhkan sumber daya manusia yang andal. Maka dari itu pelatihan gratis tersebut dilakuakn demi mempercepat era elektrifikasi di Tanah Air.

"Indonesia juga telah berkomitmen untuk mengurangi emisi hingga 29 persen pada 2030. Salah satu misi dari capaian transisi energi ini adalah peralihan menuju penggunaan kendaraan listrik," ucap dia.

"Pemerintah telah membuat kebijakan transisi energi, yakni menggantikan penggunaan sumber energi fosil menjadi sumber energi baru dan terbarukan secara bertahap, dengan target 23 persen penggunaan energi baru dan terbarukan pada tahun 2025," tutup dia.

Baca Juga: Mobil Listrik UGM Hadir di KTT G20, Diminta Langsung oleh Menhub

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Konversi Motor Listrik
#SMKN
#Cibinong
#ESDM
#Sepeda Motor Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi