Dampak Skandal Daihatsu, Malaysia akan Periksa Perodua Axia
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 3 Mei 2023 16:00 WIB
Mobil Perodua Axia G, (Foto: Perodua)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Daihatsu membuat heboh usai mengakui kesalahannya melakukan manipulasi uji tabrak pada beberapa mobil. Skandal ini melibatkan empat model yakni Toyota Yaris Ativ, Ayla, Agya dan satu model lagi yang masih dirahasiakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam catatannya terdapat 88.123 unit mobil yang terdampak skandal ini dari periode Agustus 2022 hingga Februari 2023.

Mengutip dari Free Malaysia Today, Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) akhirnya memutuskan melakukan pengecekan kembali terhadap Perodua Axia atau saudara identik Toyota Agya. Pengujian dilakukan meski belum ada keluhan dari pemilik mobil.

Kepala MIROS Wong Shaw Voon menyebut, pengecekan dilakukan khusus model Axia terbaru yang diproduksi oleh Perodua. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan mobil-mobil tersebut.

"Kami belum menerima keluhan apa pun, tetapi kami akan memeriksa klaim Perodua," kata Wong.

Melalui siaran persnya Perodua mengatakan, Axia di Malaysia masih akan tetap dijual. Perodua telah menggandeng Daihatsu Co. Ltd., untuk melakukan uji keamanan Perodua Axia baru di Jepang.

Pengujian bahkan akan disaksikan langsung oleh otoritas dan instansi terkait untuk penilaian masing-masing. Pihaknya juga telah menghubungi badan-badan terkait guna menentukan apakah standar keselamatan Perodua Axia ikut terpengaruh.

"Kami diyakinkan bahwa meskipun diungkapkan oleh Daihatsu, sertifikasi UN-R95 yang diberikan kepada Perodua Axia tetap utuh. Ini berarti bahwa Perodua Axia aman untuk dikendarai dan tidak akan ada recall," tulis Perodua dalam siaran persnya.

Di tengah skandal tersebut, Perodua tetap akan melakukan pengiriman model terbarunya kepada pelanggan.

"Kami mohon maaf atas kesulitan yang dialami pelanggan kami terkait masalah ini dan kami ingin memastikan bahwa informasi keselamatan dan spesifikasi semua model kami diverifikasi oleh badan profesional," jelasnya.

"Kami akan terus memantau situasi ini dan akan mengabari publik tentang masalah ini seiring perkembangannya. Kami menempatkan keselamatan dan kenyamanan pelanggan kami di atas segalanya," sambung Perodua.

Pilihan Editor: Daihatsu Hentikan Pesanan Fleet Xenia RWD, Disodorkan Platform Baru DNGA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi