Toyota ALV Tingkatkan Keselamatan untuk Area Pertambangan
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 21 Mei 2023 12:15 WIB
Toyota Autonomous Light Vehicle (ALV) diperkenalkan oleh Komatsu Ltd. dan Toyota Motor Corporation setelah menyepakati kerjasama. (Foto: Toyota-Komatsu)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaAutonomous Light Vehicle (ALV) diperkenalkan oleh Komatsu Ltd. dan Toyota Motor Corporation setelah menyepakati kerja sama pengembangan keselamatan di pertambangan dan meningkatkan produktivitas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengetahuan yang dimiliki oleh Komatsu dan Toyota akan diolah sebagai teknologi baru, salah satunya adalah konsep ALV yang tengah diuji langsung, direncanakan konsep ini berhasil dan beroperasi mulai Januari 2024.

Adanya teknologi otonom disepakati meminimalisir orang dari ancaman bahaya dan meningkatkan keselamatan. Hal ini juga sangat penting bila diterapkan di tambang dengan tetap terus melanjutkan kerja keras. Selain itu juga menambah keselamatan di mana tambang memiliki banyak hal yang dioperasikan. Tentunya menekan insiden dan juga human error.

Komatsu Autonomous Haulage System (AHS) sebelumnya sudah dioperasikan sejak tahun 2008 di banyak tambang. Diyakini ada 650 truk di 22 tambang di lima negara tercatat hingga Mei 2023. Komatsu AHS ini telah diakui hadirkan keselamatan dan produktivitas untuk perusahaan tambang global.

Adanya Toyota ALV bersanding dengan Komatsu AHS akan semakin meningkatkan keselamatan di dalam tambang ketika beroperasi. Selain itu akan meminimalisir mengganggu hilir-mudik Komatsu AHS ketika berpapasan dengan Toyota ALV.

Fungsi dari Toyota ALV adalah secara swakemudi mengirimkan komponen atau peralatan dan perlengkapan untuk pekerjaan tambang. Kemudian secara swakemudi memindahkan perlengkapan operator untuk bagian mesin seperti peralatannya atau bulldozers.

Komatsu dan Toyota berbagi visi untuk mengembangkan masyarakat yang makmur dan berkelanjutan untuk diwariskan ke generasi berikutnya. Untuk melakukan itu, keduanya mempercepat upayanya untuk mewujudkan lokasi tambang masa depan yang cerdas dan bersih, yang menghasilkan keselamatan dan produktivitas yang lebih tinggi bagi pelanggan dan mitra.

Pilihan Editor: Isuzu Gandeng Honda Kembangkan Bahan Bakar Sel Buat Truk

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi