Cara Tim Mercedes-AMG Petronas Formula 1 Tekan Emisi di Eropa
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 25 Mei 2023 06:04 WIB
Truk tim Mercedes-AMG Petronas F1 dipakai di kawasan Eropa. (Foto: Mercedes-Benz)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tim Mercedes-AMG Petronas Formula 1 menetapkan target bisa menekan emisi gas buang lebih dari 60 persen untuk motorhome mereka di kawasan Eropa. Sebab, motorhome atau truk besar pengangkut mobil balap F1 menjadi moda transportasi ketika balapan digelar di Eropa. Tim ini menggunakan biofuel sebagai asupan bahan bakar pada motorhome. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tim ini mulai menggunakan biofuel pada musim 2022 sebagai percobaan dan hasilnya bisa menekan hingga 89 persen CO dari emisi kendaraan berat.

Bagian dari balapan yang perjalanan keliling dunia dan tim Mercedes-AMG Petronas Formula 1 sangat peduli tentang dampak dari bisnis logistik. Karena dibutuhkan untuk transportasi kru serta barang bawaan. Tim masih terus mencari cara terbaik secara berkelanjutan berpindah tempat menggunakan alat transportasi.

Setidaknya ada sembilan balapan yang berlangsung di daratan Eropa, menggunakan truk heavy-duty Mercedes-Benz Actros. Bertugas untuk memindahkan perangkat balapan dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya. Bahan bakar yang digunakan adalah HVO100, merupakan generasi kedua dari biofuel.

Truk tim Mercedes-AMG Petronas Formula 1 bisa menempuh jarak hingga 9.000 - 10.000 km keliling di sembilan sirkuit Formula 1. (Foto: Mercedes-Benz)

Mulai dari tiba di Inggris dan Jerman berpindah ke Imola (Italia) dan kemudian berkeliling Eropa. Setiap truk akan menempuh sekitar 9.000 - 10.000 km, sepenuhnya menggunakan bahan bakar HVO100. Mampu mereduksi emisi gas buang setiap kilometer hingga 89 persen.

Biofuel ini juga digunakan sebagai bahan bakar generator untuk balapan dan kelistrikan dalam mempersiapkan paddock tim.

“Aspirasi kami untuk menyelesaikan musim Eropa sepenuhnya menggunakan biofuel adalah proyek menantang dan kompleks yang telah berlangsung di belakang layar tim selama lebih dari setahun,” ujar Alice Ashpitel, Head of Sustainability at the Mercedes-AMG Petronas Formula 1.

“Hari ini, kita menyaksikan tonggak penting dalam keberhasilan penggunaan HVO100 atau bahan bakar berkelanjutan dalam transportasi barang untuk tim Mercedes-AMG Petronas Formula 1. Menawarkan solusi yang 100 persen terbarukan dan terbuat dari bahan yang bersumber secara berkelanjutan, kami membantu mitra kami untuk mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 90 persen,” jelas Datuk Sazali Hamzah, Executive Vice President and Chief Executive Officer of Petronas Downstream.

Toto Wolff, Team Principal and CEO tim Mercedes-AMG Petronas Formula 1 mengatakan, “Adanya kerja sama, kita dapat berkomitmen penuh mencapai kinerja tinggi yang berkelanjutan. Memberikan pengurangan emisi sebesar 89 persen untuk setiap kilometer yang dilalui truk kami musim panas ini akan menjadi pencapaian nyata bagi upaya gabungan dari tim, Petronas, dan mitra logistik kami yang telah bekerja sangat keras dalam proyek inovatif dan menantang ini.”

Bahan bakar Hydrotreated Vegetable Oil (HVO100) terbuat dari 100 persen bahan baku terbarukan yang bersumber secara berkelanjutan seperti limbah minyak dan lemak.

Pilihan Editor: Mercedes-Benz eCitan Tawarkan Bagasi Lapang

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi