Hankook ION Ban Mobil Listrik Berteknologi Formula E
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 3 Juni 2023 08:29 WIB
Hankook Ventus ION khusus untuk mobil listrik. (Foto: Hankook)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHankook Indonesia memperkenalkan ban mobil listrik Hankook ION yang dikhususkan untuk pemakaian kendaraan listrik. Ban tersebut saat ini masih harus diimpor dari Eropa. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski Hankook merupakan merek asal Korea namun pabrik ban mobil listrik tersebut masih berbasis di Hongaria.

"Kebutuhan EV sendiri paling banyak adalah di negara-negara Eropa, jadi kita lebih mendekatkan pabrikan mobil yang konversi ke EV yang membuat untuk mobil listrik di sana," kata Aprianto Yuono selaku National Sales Manager PT Hankook Tire Sales Indonesia.

Aprianto Yuono menjelaskan, ban mobil listrik Hankook ION memiliki lima keunggulan ban khusus mobil listrik ini, yaitu bobot ban lebih ringan, kemudian tidak berisik saat jalan, tapak ban lebih awet, bisa meningkatkan masa pakai baterai, dan meningkatkan kedinamisan berkendara.

Pilihan ban mobil listrik Hankook ION. (Foto: Hankook)

"18 persen lebih senyap dibandingkan ban biasa," lanjut Aprianto.

Ditambahkan lagi oleh Aprianto Yuono bahwa memang seharusnya mobil listrik sudah memakai ban khusus lantaran mobil tersebut tidak bersuara serta memiliki bobot yang berbeda.

"Keunggulan mobil listrik ialah kedap suara dari mobil itu sendiri, jadi ban mobil listrik memang dibuat untuk mendukung itu. Sebab ban kan bergesekan dengan aspal dan mengakibatkan timbul suara," jelasnya.

Kemudian Aprianto Yuono, menyebut ban mobil listrik Hankook ION ini memiliki teknologi yang sama dengan Hankook ION Race khusus Formula E.

"Secara teknologi sama hanya ada sedikit perbedaan saja," tambahnya.

Meski sudah perkenalkan, namun Hankook ION rencananya paling cepat di Indonesia baru dijual pada Juli-Agustus 2023.

"Paling cepat Juli-Agustus 2023. Nanti impor dari pabrik Hankook di Eropa dari (pabrik) di Hongaria," terangnya Aprianto Yuono.

Pilihan Editor: Hankook iON Race Klaim Bisa Diandalkan di Cuaca Ekstrem Jakarta E-Prix

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi