Gantikan Toprak Razgatlioglu, Franco Morbidelli Gabung WorldSBK di Musim Depan?
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 7 Juni 2023 19:28 WIB
Franco Morbidelli di test motoGP Jerez, 1 Mei 2023. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap MotoGP Franco Morbidelli tengah diisukan bakal melanjutkan karier di WorldSBK pada musim 2024 mendatang. Hal tersebut lantaran kontraknya bersama Monster Energy Yamaha akan berakhir pada musim ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, Morbidelli terlihat masih kesulitan berjuang di papan atas pada MotoGP 2023. Pembalap asal Italia itu hanya hanya sanggup finis di urutan ke-8, 11, dan 10 sejak meraih posisi keempat di MotoGP Argentina.

Bahkan saat ini Franco Morbidelli hanya berada di posisi 13 di klasemen sementara dengan raihan 40 poin. Anak asuh Valentino Rossi tersebut juga mengakui kesulitan melawan motor pabrikan Eropa.

“Tahun ini di MotoGP? Kami mengejar, tetapi sulit untuk melawan (produsen) Eropa tetapi mudah-mudahan kami akan meningkat selangkah demi selangkah dan mari kita lihat dimana kami berada, di akhir tahun,” jawab Morbidelli dikutip dari Crash.

Kepindahan Franco Morbidelli diperkuat dengan ketertarikan Direktur WSBK Yamaha Andrea Dosoli yang sedang mencari pengganti Toprak Razgatlolu yang hijrah ke BMW Motorrad.

"Saat ini saya tahu bahwa Franco fokus di MotoGP. Namun, saya yakin dia akan menikmati WSBK, mengingat dia sudah mengendarai R1 di Sepang dalam lomba ketahanan. Di WSBK Morbidelli tidak diragukan lagi bisa berjuang untuk menjadi yang teratas dan paddock ini akan cocok untuknya. Itu akan cocok dengan karakternya," kata Dosoli.

Disisi lain, Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis sebenarnya juga memberikan opsi perpanjangan kontrak Morbidelli. Menurut Jarvis, Yamaha lebih senang mempertahankan Morbidelli di tim pabrikan Monster Energy Yamaha.

Namun perpanjangan kontrak tersebut bisa terjadi jika Morbidelli dapat menunjukkan peningkatan performa yang signifikan.

"Skenario ideal bagi kami adalah Franky terus menunjukkan kecepatan seperti yang dia tunjukkan di Argentina," terang Lin Jarvis dikutip dari Crash. "Jika Franky dapat terus tampil sangat baik, itu lebih baik bagi kami saat ini dan (akan) secara otomatis menjamin kesinambungannya di masa depan," sambung pria asal Inggris itu.

"Jadi, pilihan utama kami adalah melanjutkan Franky (pada 2024)," jelas Jarvis.

Pilihan Editor: Jelang MotoGP Italia 2023: Absen 5 Seri, Pol Espargaro Kangen Geber Motor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi