Jelang MotoGP Italia: Brembo Ingatkan Pengereman Kuat di Mugello
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 9 Juni 2023 10:56 WIB
Rem Cakram Brembo MotoGP. (Foto: Brembo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBalapan akhir pekan ini akan digelar di sirkuit Mugello, MotoGP Italia 2023, 11 Juni. Sirkuit yang sangat menuntut akselerasi dan juga pengereman di lintasan lurus sepanjang 1.141 meter jelang tikungan pertama. Ducati Desmosedici GP22 tunggangan Jorge Martin (Prima Pramac) mampu melesat 364 kpj. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pasca MotoGP Prancis dan rehat selama empat pekan balapan, para pembalap sudah tak sabar untuk segera memulai balapan jelang libur musim panas. Di sirkuit Mugello ini memiliki panjang 5.245 meter dengan kombinasi 15 tikungan.

Brembo memberikan tingkat kesulitan 1-6, hanya punya tingkat kesulitan ketiga, jauh lebih sulit sirkuit Misano yang mencapai tingkat empat. Hanya saja usai lintasan lurus melakukan pengereman kuat dari rata-rata 337 kpj dan di tikungan pertama menjadi 89 kpj.

Melakukan pengereman ekstrem tersebut, pembalap memerlukan jarak 320 meter dan waktu sekitar 5,6 detik. Setidaknya jok mendapat deselerasi yang massif hingga 1,6G, dan cairan rem mendapat tekanan hingga 11,5 bar serta temperatur cakram mencapai 660 derajat Celcius.

Ada 10 titik pengereman di sirkuit Mugello, dua di antaranya sangat menuntut pengereman kuat, empat tikungan masih pengereman medium, dan sisa empat tikungan lainnya masih terbilang ringan.

Pilihan Editor: Jelang MotoGP Italia 2023: Absen 5 Seri, Pol Espargaro Kangen Geber Motor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi