Mercedes-Benz eActros 600 Bisa Tempuh 500 Km, Siap Produksi
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 16 Juni 2023 12:11 WIB
Mercedes-Benz eActros 600 sudah siap produksi untuk dites konsumen dan dipersiapkan untuk pemesanan fleet dan produksi massal pada tahun 2024. (Foto: Mercedes-Benz Trucks)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMercedes-Benz eActros 600 sudah dipersiapkan akan diluncurkan kepada dunia oleh Mercedes-Benz Trucks sebagai truk listrik berjarak tempuh terjauh. Diklaim sebagai truk paling ekonomis berbanding Actros bermesin diesel.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Produksi massal Mercedes-Benz eActros 600 sedianya akan dilakukan di fasilitas Mercedes-Benz Trucks di Worth, Mannheim, Gaggenau dan Klassel pada tahun 2024.

“Mercedes-Benz eActros 600 akan diproduksi di Worth, memungkinkan untuk menggantikan truk diesel yang saat ini masih menjadi andalan transportasi jarak jauh, dipersiapkan sebagai standar baru dalam biaya kepemilikan konsumen kami. Sekaligus menekan emisi CO2, kami yakin truk ini akan menjadi tolok ukur transportasi pengiriman darat,” ujar Karin Radstrom, CEO Mercedes-Benz Trucks.

Mercedes-Benz memastikan bahwa angka 600 merupakan kapasitas baterai dalam ukuran kilowatt hours. Besarnya kapasitas baterai yang dipadukan dengan penggerak roda motor listrik pengembangan in-house bisa menempuh 500 km untuk sekali pengisian baterai.

Semenjak dimunculkan perdana sebagai konsep di IAA Transportation 2022, pengetesan kendaraan telah dilakukan di fasilitas produksi Mercedes-Benz di Worth. Sedangkan untuk komponen dihadirkan dari fasilitas Mercedes-Benz di Mannheim, Kassel, dan Gaggenau.

Komponen motor penggerak akan diinstal di Worth. eAxle, baterai bertegangan tinggi dan penyimpanan, modul teknologi dipadukan dalam beberapa tahapan produksi. Setelah semua perangkat terinstal, seluruh sistem tersebut akan dilanjutkan untuk dioperasikan dan truk sudah siap melaju.

Pabrik komponen Mannheim, Kassel dan Gaggenau juga memainkan peran penting dalam elektrifikasi portofolio produk. Seperti halnya pabrik Worth, ketiga lokasi tersebut saat ini sedang mengalami proses peralihan dari teknologi diesel menjadi pusat kompetensi komponen penggerak listrik.

Sekilas spesifikasinya, Mercedes-Benz eActros 600 menggunakan tiga pak baterai dengan kapasitas mencapai 600 kWh. Dua motor listriknya menjadi bagian penggerak eAxle mampu suguhkan tenaga 400 kW atau setara 536 hp dan puncaknya 804 hp.

Baterai yang digunakan adalah Lithium-iron phosphate (LFP). Perihal pengisian ulang baterainya dari 20 - 80 persen hanya perlukan waktu 30 menit saja dengan teganya satu megawatt.

Pilihan Editor: Cara Tim Mercedes-AMG Petronas Formula 1 Tekan Emisi di Eropa

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi