Para ahli dari Brembo Berikan Panduan MotoGP Belanda 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 23 Juni 2023 16:10 WIB
Fabio Quartararo pembalap MotoGP. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPara ahli dari Brembo memberikan panduan untuk para pembalap di MotoGP Belanda 2023 di sirkuit Tourist Trophy Assen atau lebih dikenal TT Assen, yang digelar akhir pekan ini 23-25 Juni 2023. Merupakan sirkuit legendaris dan sudah menggelar balapan sejak tahun 1925. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut teknisi Brembo yang bekerja sama dengan semua pembalap di Kejuaraan Dunia MotoGP, sirkuit Assen tidak terlalu menuntut pengereman.

Pada skala 1 sampai 6, diberi peringkat 2 pada indeks kesulitan, yang terendah dari balapan di Eropa. Assen memiliki kecepatan maksimum 320 km/jam, sisanya adalah tikungan yang membantu mendinginkan cakram.

Namun justru banyaknya tikungan itulah yang menjadikannya sebagai test-bench terbaik bagi pelek yang menyandang nama Marchesini - salah satu brand Brembo Group.

brembo hadirkan pilihan rem cakram karbon untuk pembalap MotoGP. (Foto: Brembo)

Meski memiliki 18 tikungan, ada banyak cara menaklukkan sirkuit Assen, dengan beberapa tikungan cepat dan 10 titik pengereman di setiap lap, meski pada setengahnya perlambatannya kurang dari 80 km/jam. 

Pembalap menggunakan rem mereka selama 27 detik di setiap lap (berjumlah 30% dari keseluruhan balapan), berkat sembilan titik pengereman masing-masing minimal 2 detik.

Kecepatan yang lebih tinggi di MotoGP, ruang pengereman sedikit lebih panjang, begitu pula G-force dan beban pada tuas. faktanya, di MotoGP setiap pembalap mengerahkan beban hingga 1.100 kg di tuas antara garis start hingga bendera finis.

Dari 10 bagian pengereman di sirkuit Assen, hanya satu yang tergolong sangat menuntut pengereman, sedangkan tiga tikungan punya tingkat kesulitan medium dan enam sisanya ringan.

Titik pengereman menurun di tikungan Haarbocht (Belokan 1) adalah pembalap dan sistem pengereman harus bekerja paling keras, motor melesat hingga kecepatan 291 km/jam. Dan, pengendara mengerem selama 4,5 detik di mana mereka membutuhkan jarak 240 m.

Turun ke kecepatan 119 km/jam yang diperlukan untuk menikung, pengendara harus menerapkan beban 6,8 kg pada tuas dan mengalami perlambatan 1,4 G.

Pilihan Editor: Jelang MotoGP Italia: Brembo Ingatkan Pengereman Kuat di Mugello

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi