Ford SuperVan 4.2 Punya Tenaga hingga 1.400 HP
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 25 Juni 2023 14:54 WIB
Ford SuperVan 4.2, dikemas aerodinamika yang telah direvisi dan powertrain disiapkan khusus untuk mendaki bukit. (Foto: Ford)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFord Performance tak ingin melewatkan gelaran ke-101 The Broadmoor Pikes Peak International Hill Climb yang dipersembahkan oleh Gran Turismo dengan mendaftarkan mobil elektrifikasi Ford SuperVan 4.2

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sejarah balapan yang berasal dari Ford Model T di balapan perdananya pada tahun 1916, kendaraan Ford secara konsisten meninggalkan jejaknya di balapan ikonik Pikes Peak International Hill Climb. 

Tahun ini, pembalap legendaris Romain Dumas akan mengendarai Ford SuperVan 4.2. Merupakan penampilan ke delapannya di acara tersebut, dengan pengalamannya yang luas dan keahliannya yang luar biasa membuatnya menjadi pilihan sempurna melanjutkan tradisi Ford di balapan gunung paling terkenal di Amerika.

Ford Performance dan para ahli di STARD Advanced Research and Development bekerja sama sekali lagi untuk menciptakan Ford SuperVan 4.2 . (Foto: Ford)

Ford Performance dan para ahli di STARD Advanced Research and Development bekerja sama sekali lagi untuk menciptakan Ford SuperVan 4.2 yang dirancang khusus dapat melesat dan memamerkan batas ekstrim dari mobil bertenaga listrik. 

Dikemas aerodinamika yang telah direvisi dan powertrain disiapkan khusus untuk mendaki bukit, Ford SuperVan 4.2 disiapkan untuk menggemparkan Pikes Peak International Hill Climb yang legendaris.

“Bermitra dengan STARD, kami telah membangun E-Transit SuperVan 4.2 untuk menjadi mesin yang benar-benar kompetitif berfokus untuk mencapai puncak gunung dengan cepat. Pikes Peak Hill Climb menghadirkan kesempatan sempurna untuk memamerkan teknologi kendaraan listrik Ford dan menghadirkan kepercayaan terhadap Performa EV,” ujar Mark Rushbrook, Global Director, Ford Performance Motorsports.

Ford SuperVan 4.2 disiapkan untuk menggemparkan Pikes Peak International Hill Climb yang legendaris. (Foto: Ford)

Ford SuperVan 4.2, merupakan penyempurnaan dari SuperVan 4, telah didesain ulang hingga menata aerodinamika secara spesifik agar cocok melesat di perbukitan serta memberikan gaya tekan hingga 1.995 kg saat melaju 241 kpj.

Fitur utama bagian aero termasuk spoiler belakang serat karbon ringan dan splitter depan, keduanya membantu SuperVan 4.2 untuk tetap menempel di jalanan pegunungan yang berkelok-kelok. Sasis SuperVan 4.2 juga mengalami pengurangan bobot untuk meningkatkan keseimbangan secara keseluruhan dan memberikan kelincahan melewati tikungan jalan pegunungan.

Ford SuperVan 4.2 gunakan ban Pirelli khusus balap. (Foto: Ford)

By reducing the number of STARD UHP 6-phase motors from four to three, and utilizing STARD’s Ultra High Performance Li-Polymer NMC pouch cells, the van achieves an optimal power-to-weight ratio while retaining its all-wheel-drive system with one motor powering the front and two in the rear. With over 1,050 kW (1,400 horsepower) combined discharge power at its disposal, the SuperVan 4.2 can unleash its full potential while also leveraging the battery's new 600 kW regeneration performance for optimal energy utilization. 

Penyempurnaan lainnya adalah dengan mengurangi jumlah motor STARD UHP 6-phase dari empat menjadi tiga, dan memaksimalkan kantong sel Li-Polymer NMC Ultra High Performance STARD, menjadikan van mencapai rasio power-to-weight yang optimal sambil mempertahankan sistem all wheel drive dengan satu motor menggerakkan bagian depan dan dua di bagian belakang. 

Ford SuperVan 4.2 diyakini punya gabungan tiga motor bertenaga 1.400 hp. (Foto: Ford)

Melalui performa gabungan lebih dari 1.050 kW atau setara 1.400 hp, Ford SuperVan 4.2 dapat mengeluarkan potensi penuhnya sambil juga memanfaatkan kinerja regenerasi baru 600 kW baterai untuk pemanfaatan energi yang optimal.

Ford Performance dan STARD melengkapi Ford SuperVan 4.2 dengan merevisi pengereman regeneratif dengan cakram carbon ceramic, pelek berbahan magnesium dibalut ban Pirelli P Zero khusus balap.

Pikes Peak International Hill Climb akan berlangsung pada 25 Juni.

Pilihan Editor: RMA Indonesia Datangkan Ford Everest dan Ford Ranger

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi