Ford Mustang GT3 Dipersiapkan Ikutan Balap Ketahanan di Le Mans
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 12 Juni 2023 09:33 WIB
Ford Mustang GT3 hadirkan warna unik dari Troy Lee Design. (Foto: Ford)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMobil balap Ford Mustang GT3 sudah dipersiapkan untuk bertarung di balap ketahanan 24 Hours of Le Mans pada bulan Juni 2024. Mengambil basis dari Ford Mustang Dark Horse yang sudah diberi sentuhan bergaya GT3, disempurnakan lagi oleh ahli dari Troy Lee Design.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melalui peluncuran tersebut, Ford secara resmi memasukkan Mustang ke dalam kategori global FIA GT3. Kemenangan terakhir Ford di 24 Hours of Le Mans adalah pada tahun 2016 dengan Ford GT.

“Ford dan Le Mans terikat oleh sejarah. Dan sekarang kita kembali ke balapan paling dramatis, paling berharga, dan paling penting di dunia. Ini bukan Ford versus Ferrari lagi. Ini adalah Ford versus semua orang. Kembali ke Le Mans adalah awal dari membangun bisnis olahraga motor global dengan Mustang, seperti yang kami lakukan dengan Bronco dan Raptor off-road.” ujar Jim Farley, Ford Motor Company CEO.

Mustang Dark Horse hasil racikan Ford Performance. (Foto: Ford)

Ford Performance memperpanjang hubungannya dengan dua mitra lama di Multimatic dan M-Sport sebagai landasan proyek ini. Multimatic, pembuat Ford GT yang ikonik, juga terlibat dalam program balapan Ford GT dan akan membantu membangun dan mendukung Mustang GT3. 

Sementara mitra kawakan World Rally Championship dan tim pemenang kejuaraan dua kali M-Sport akan merakit Ford Performance- mengembangkan mesin V8 berbasis Coyote 5,4 liter yang menggerakkan kuda poni terbaru ini.

Ford Mustang GT3 hasil kombinasi M-Sport dan Multimatic. (Foto: Ford)

“Untuk proyek seperti Ford Mustang GT3, kami mempercayakan dua mitra paling terpercaya di dunia balapan untuk membantu menyatukan kendaraan dan program ini,” kata Mark Rushbrook, Global Director, Ford Performance Motorsports. “Saya tahu kita semua akan sama senangnya dengan penggemar Ford saat Mustang mulai balapan di level tertinggi balap GT pada tahun 2024.”

Mobil balap Ford Mustang GT3 dilengkapi dengan suspensi lengan pendek, gearbox transaxle yang dipasang di belakang, panel bodi serat karbon, serta paket aero unik yang dikembangkan untuk memenuhi standar GT3.

Ford Mustang GT3 berbasis dari Mustang Dark Horse. (Foto: Ford)

Sebelum ikutan Le Mans pada musim 2024, Ford Mustang GT3 akan berkompetisi di berbagai seri GT3 di seluruh dunia di tangan tim konsumen.

Tim konsumen pertama yang diumumkan hari ini adalah Proton Competition. Berbasis di Ehingen, Jerman, Proton berniat untuk mengkampanyekan sepasang Mustang GT3 di FIA World Endurance Championship, mulai tahun 2024.

Ford Performance juga akan menampilkan program dua mobil balap pabrikan Mustang GT3 di kelas GTD Pro IMSA. Ini akan dikelola oleh Multimatic Motorsports dan dimulai pada Rolex 24 2024 di Daytona.

Pilihan Editor: RMA Indonesia Datangkan Ford Everest dan Ford Ranger

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi