MotoGP Belanda 2023: Francesco Bagnaia Menang, Brad Binder Kehilangan Podium Lagi
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 25 Juni 2023 22:33 WIB
Pembalap Tim Ducati Lenovo Francesco Bagnaia melakukan selebrasi setelah memenangkan balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Assen, Belanda, Ahad, 25 Juni 2023. REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFrancesco Bagnaia (Ducati Lenovo) menjadi pemenang di MotoGP Belanda 2023, Minggu, 25 Juni, setelah bertarung ketat di awal balapan dengan Brad Binder. Pembalap yang finis kedua adalah Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing) dan ketiga adalah Aleix Espargaro (Aprilia Racing). 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun Aleix Espargaro mendapat limpahan dari Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) yang terkena lagi track limit di tempat yang  sama ketika di Sprint Race, mundur satu posisi finis. Track limit dihitung tiga kali, dan diberikan peringatan melalui konsol tengah, apabila pembalap tak mengindahkan akan diberi hukuman penalti.

Mendapat ‘hadiah’ podium tersebut tentunya membuat Aleix Espargaro senang, karena perdana baginya untuk musim MotoGP 2023 naik ke podium lagi. Ditambah drama aerodinamika di bagian depan kanan patah menjadikan motor sulit dikendalikan.

Francesco Bagnaia rayakan kemenangan 15 kali bersama Ducati didampingi Luigi Dal'igna di podium MotoGP Belanda 2023. (Foto: Ducati)

“Kemenangan yang luar biasa dan mengejutkan. Kendala patahnya aerodinamika membuat motor sulit dikendalikan ketika menikung ke kanan. Begitu juga sangat sulit mengambil alih posisi Brad Binder saat balapan dan berusaha tak membuat kesalahan,” ujar Aleix Espargaro.

Marco Bezzecchi yang start dari pole position dan harus puas finis posisi dua di belakang Francesco Bagnaia. “Tentunya ini menyenangkan meraih podium, meskipun selepas start mengalami senggolan dengan pembalap lain tak saya ketahui. Membuat saya kehilangan waktu. Ketika sudah berada di belakang brad Binder dirinya sangat kuat di pengereman sehingga lewati beberapa lap agar bisa mengambil alih posisinya. Tapi Francesco Bagnaia sudah terlalu jauh.

Sejauh ini hasil balapan sudah sesuai dengan keinginan Marco Bezzecchi bisa lebih kompetitif. “Pekan balapan ini menunjukkan hasil sebaik mungkin.”

Sementara itu pemenang balapan Francesco Bagnaia mengungkapkan bahwa balapan kali ini tidaklah mudah. “Balapannya sangat fantastis, tidak mudah dan harus berusaha kuat dan meninggalkan jarak dan menahan hingga lap terakhir. Akhirnya saya lebih berani karena sudah lampaui batas,” kata dia.

Berkat kemenangannya di MotoGP Belanda 2023, Francesco Bagnaia kini unggul jauh di klasemen sementara titel Juara Dunia MotoGP 2023 dengan 194 poin, di posisi dua ada Jorge Martin dengan 159 poin dan di posisi tiga Marco Bezzecchi miliki 158 poin. Posisi empat ada Brad Binder yang naik satu posisi kini miliki 114 poin, menggeser Johann Zarco ke posisi lima dengan 109 poin.

Pilihan Editor: Brad Binder Kehilangan Podium Sprint Race MotoGP Belanda 2023, Ini Masalahnya!

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi