5 Tips Mudah Cegah Overheat di Mesin Mobil
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 7 Juli 2023 14:57 WIB
Mesin overheat
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mesin overheat biasanya ini terjadi ketika jalanan macet parah dan cuaca panas. Namun, jika kondisi mobil baik-baik saja, overheat tidak akan terjadi saat keadaan macet dan cuaca panas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memastikan agar kondisi mesin tetap prima bisa mengikut cara berikut untuk mencegah agar mobil anda tidak overheat dikutip dari Wuling.id.

1. Periksa Upper Tank dan Lower Tank

Bagian yang harus diperiksa adalah upper tank dan lower tank terutama yang terbuat dari bahan plastik. Karena letaknya yang berdekatan langsung dengan mesin yang panas membuat upper tank sering mengalami retak dan mengakibatkan bocornya air radiator.

2. Periksa Selang dan Tutup Radiator

Selang radiator harus diganti jika slang sudah mulai mengeras dan tidak lentur lagi ketika ditekan. Jadi, pastikan untuk mengecek bagian ini.

Selain itu, pada tutup radiator terdapat karet, yang jika sudah mulai mengeras akan mengakibatkan air pendingin mesin mobil keluar radiator tidak melalui tabung reservoir.

3. Gunakan Radiator Coolant

Air radiator yang tidak diberi radiator coolant biasanya akan berwarna kuning, yang disebabkan oleh reaksi antara air yang dipanaskan dan logam. Larutan logam yang timbul seringkali menjadi kerak dan menyumbat saluran radiator.

4. Periksa Kipas Angin Radiator

Kotoran berupa debu atau daun-daun yang terselip akan membuat kinerja embusan serta kecepatan kipas angin radiator untuk membuang panas radiator menjadi tidak optimal.

Jangan lupa juga untuk mengecek kebersihan permukaannya dan memeriksa apakah performa kipas angin radiator masih berfungsi dengan layak atau tidak.

5. Periksa Ketinggian Oli

Fungsi oli mesin selain melumasi mesin-mesin yang bergesekan adalah juga untuk mendinginkan mesin. Pastikan kondisi oli mesin sesuai dengan yang seharusnya, yaitu mengukur ketinggiannya menggunakan dipstick.

Pilihan Editor: Tips Membeli Mobil Bekas ala Otospector, Jangan Salah Pilih

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi