Pengamat Sebut Banyak Tim MotoGP Tutup Pintu untuk Marc Marquez
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 7 Juli 2023 15:37 WIB
Marc Marquez (Repsol Honda) di MotoGP Belanda 2023. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Marc Marquez dikabarkan akan meninggalkan Repsol Honda pada akhir musim MotoGP 2023. Namun kepergiannya bisa saja batal lantaran banyak tim MotoGP lainnya menutup pintu untuk pembalap asal Spanyol itu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ducati, Aprilia, Yamaha ataupun KTM, disebut punya alasannya masing-masing kenapa menolak mentah-mentah menggunakan jasa Marc Marquez.

Pengamat MotoGP, Loris Reggiani menyebut tim tersebut memiliki ketakutan motornya menjadi kambing hitam jika Marquez gagal tampil memuaskan.

"Ia bukan Marc Marquez yang dulu. Lalu jika ia tidak menang, maka yang salah pabrikannya," kata mantan pembalap asal Italia tersebut dikutip dari Motosan.es, Jumat 7 Juli 2023.

Ketakutan itu juga menjadi pertimbangan pabrikan lain seperti Aprilia, apalagi saat imi tim pabrikan asal Italia tersebut sedang berkembang menjadi salah satu tim papan atas di MotoGP.

“Kecuali ada pembalap lain yang berada di depannya, mungkin bakalan berbeda. Ia seorang yang sangat kuat. Seseorang yang bahkan diprediksi hampir 100 persen menangani balapan," jelasnya.

Alasan lanjutnya terkendala masalah gaji besar yang harus pabrikan bayarkan ke pembalap berusia 30 tahun tersebut. Marc Marquez yang sudah memiliki delapan gelar dunia, punya harga yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan pembalap-pembalap lain.

Nama sang pembalap juga sudah sangat terkenal dan bisa menaikan popularitas brand. Namun ongkos gaji yang sangat besar tetap jadi penghalang.

Para pabrikan berpikir dibanding merogoh kocek dalam untuk merekrut Marc Marquez, pabrikan rival tentu lebih memilih mengalokasikan anggaran untuk pengembangan motornya. Hal tersebut membuat Honda masih menjadi tempat ideal untuk kakak Alex Marquez tersebut.

"Berbagai kecelakaan itu telah berefek padanya. Saat kau menyakiti diri sendiri, kenangan itu takkan mudah hilang. Kupikir dia tidak akan meninggalkan Honda. Seperti di Jerman, ia akan tetap berusaha dengan keras," tutup Reggiani.

Pilihan Editor: Dorna Sports Pastikan Tak Ada Penambahan Jumlah Pembalap di MotoGP 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi