Bosch Bangun Pabrik Semikonduktor Terbesar di Malaysia
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 5 Agustus 2023 09:43 WIB
Fasilitas Produksi Semikonduktor Bosch. (Foto: Bosch)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaKebutuhan global akan semikonduktor, Bosch berusaha untuk memperluas bisnis tersebut dengan mendirikan fasilitas produksi di Malaysia. Investasi dikucurkan mencapai 350 juta euro hingga pertengahan dekade guna memperkuat pasokan global semikonduktor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bosch telah membuat pusat pengujian untuk chips dan sensor di Penang, Malaysia dengan biaya mencapai 65 juta euro dan ke depannya ada tambahan lagi kucuran dana hingga pertengahan dekade mencapai 285 juta euro.

“Adanya pusat pengujian baru semikonduktor kami di Penang, kami menciptakan kapasitas tambahan bersama jaringan manufaktur dunia kami untuk memenuhi kebutuhan akan chips dan sensors,” yakin  Dr. Stefan Hartung, Chairman Bosch Board of Management.

Pekerja di fasilitas produksi Bosch di Penang, Malaysia akan menyerap 400 karyawan. (Foto: Bosch)

 Ditegaskan kembali oleh Dr. Stefan Hartung bahwa, “Semikonduktor adalah faktor penentu keberhasilan untuk semua area bisnis Bosch, dan perluasan bisnis ini secara strategis sangat penting.”

Kawasan industri Bosch di Penang memiliki lahan seluas 100.000 meter persegi. Test center ini terdiri dari 18.000 meter persegi termasuk ruangan bersih, ruang kantor, dan laboratorium untuk peningkatan kualitas dan manufakturing.

Pada pertengahan dekade ini alias tahun 2025, akan ada 400 pekerja yang akan terlibat di fasilitas tersebut. Adapun fasilitas baru ini total ada 4.200 pekerja, karena Penang saat ini menjadi fasilitas terbesar di Asia Tenggara.

Bosch Semikonduktor yang dibuat di Penang dan fasilitas global lainnya. (Foto: Bosch)

Manufaktur semikonduktor pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua bagian: manufaktur frontend dan manufaktur backend. Untuk yang terakhir, Malaysia adalah pusat penting dalam rantai pasokan semikonduktor global. Negara ini diperkirakan mencakup sekitar 13 persen dari manufaktur backend global.

“Test center terbaru di Penang ini membawa jaringan manufaktur kami lebih dekat ke perusahaan yang melayani rantai pasokan lebih lanjut dari manufaktur semikonduktor serta pelanggan di pasar Asia yang penting ini. Tentunya mempersingkat waktu dan rute pengiriman, dan itu meningkatkan daya saing kami,” tegas Dr. Markus Heyn, Bosch Board of Management & Chairman of the Mobility Business Sector.

Bosch saat ini melakukan sebagian besar pengujian akhir semikonduktornya di Reutlingen, Jerman, Suzhou, Cina, dan Hatvan, Hongaria.

Pilihan Editor: Hyundai dan Kia Tarik 8 Model Mobil, Simak Masalahnya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi