3 Tips Memilih Oli Mobil Sesuai Kebutuhan Mesin
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 23 Agustus 2023 09:44 WIB
Mekanik Toyota melakukan pengecekan kondisi pelumas mesin. (Foto: Auto200)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Perkembangan industri mobil kini telah memasuki era yang canggih, sehingga kebutuhan akan komponen berkualitas tinggi semakin meningkat. Oleh karenanya pemilihan oli mobil atau pelumas juga harus diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan mesin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertamina Lubricants sebagai produsen oli mobil memberikan tips memilih oli mobil yang sesuai kebutuhan mesin, sebagai berikut:

1. Pahami Jenis Oli Mesin Mobil

Saat ini di pasaran terdapat tiga jenis oli mesin mobil, yaitu oli mineral, oli semi sintetik dan full sintetik. Oli mineral adalah oli yang terbuat dari bahan yang didapat dari olahan minyak bumi. Oli mineral umumnya cocok untuk mobil tahun 1990-an ke bawah.

Oli sintetik adalah kombinasi dari bahan base oil sintetik dengan bahan mineral, biasanya dengan rasio kombinasi base oil antara 80:20 atau 70:30. Oli ini cocok untuk mobil keluaran tahun 2000-an. 

Sedangkan oli full sintetik adalah jenis oli paling unggul apabila dibandingkan dengan kedua jenis di atas.

2. Perhatikan Pengujian dan Sertifikasi Oli

Oli yang berkualitas tinggi biasanya telah melewati berbagai pengujian dan sertifikasi untuk memastikan bahwa oli tersebut memenuhi standar kualitas tertentu.

3. Sesuaikan Viskositas Oli dengan Jenis Kendaraan

Memahami viskositas sangat penting karena mempengaruhi kemampuan oli untuk mengalir dan melumasi komponen mesin. Oli yang terlalu encer tidak dapat memberikan lapisan pelumas yang cukup untuk melindungi permukaan logam.

Sebaliknya, oli yang terlalu kental akan memiliki hambatan gerak yang tinggi, yang berpotensi mengurangi efisiensi pelumasan.

Pilihan Editor: Alasan Isi Oli Mesin Mobil Harus Sesuai Volume yang Ditentukan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi