F1 Belanda 2023: Max Verstappen Samai Rekor Sebastian Vettel
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 28 Agustus 2023 07:14 WIB
Max Verstappen berhasil menenangkan F1 Belanda 2023. Perpanjang rekor kemenangan tanpa henti 9 kali, samai catatan kemenangan Sebastian Vettel musim F1 2013. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen pembalap Red Bull Racing berhasil memenangkan balapan F1 Belanda 2023, Minggu, 27 Agustus. Start dari pole position, dengan berbagai drama hujan, penggantian ban hingga red flag akibat hujan deras, pembalap asal Belanda ini masih tetap berada di depan dan finis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Finis posisi dua ada Fernando Alonso (Aramco Aston Martin Cognizant) yang tertinggal hingga 3,744 detik di garis finis. Sedangkan Sergio Perez yang finis ketiga harus bertukar posisinya dengan Pierre Gasly, akibat ngebut di pit lane sehingga mendapat penalti mundur 5 detik di garis finis.

Kemenangan Max Verstappen kali ini menambah catatan sejarahnya sebagai pembalap dengan sembilan kali kemenangan tanpa henti, menyamai rekor Sebastian Vettel yang diraih tahun 2013 menggunakan RB9 di era terakhir mesin V8 berkapasitas 2.400 cc.

Selebrasi Max Verstappen dan Fernando Alonso di podium F1 Belanda 2023, 27 Agustus 2023. (Foto: Red Bull Racing)

“Saya merasakan bulu kuduk berdiri ketika lagu nasional berkumandang sebelum start. Meskipun dengan cuaca yang buruk para penggemar tetap menikmati balapannya. Atmosfernya sangat luar biasa,” ujar Max Verstappen di parc ferme jelang naik podium kemenangan ke 46 kalinya.

Sementara itu Fernando Alonso mengungkapkan balapan yang begitu menegangkan setiap putarannya. 

“Balapannya begitu menegangkan, mobil sangat bisa diandalkan. Terima kasih kepada semua penggemar, energi di Zandvoort ini sangat unik. Balapan kali ini sangat spesial untuk berbagi podium dengan Max Verstappen dan Pierre Gasly,” kata Fernando Alonso yang kini koleksi 105 podium.

Pierre Gasly di F1 Belanda 2023 akhirnya bisa kembali ke podium posisi tiga, setelah terakhir naik podium posisi 3 di F1 Azerbaijan tahun 2021. Dirinya pernah menang di F1 Italia 2020 dan pernah posisi dua di F1 Brasil 2019. 

Finis posisi lima ditempati pembalap Ferrari yakni Carlos Sainz Jr., posisi enam ada Lewis Hamilton. Sedangkan pembalap McLaren Lando Norris yang diprediksi akan mengincar podium, ternyata hanya bisa finis posisi tujuh.

Pilihan Editor: Rayakan 60 Tahun, Tim McLaren Formula 1 yakin Kompetitif di Formula 1

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi