Motor Listrik Kawasaki Z e-1 Sudah Dijual di Eropa
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 19 September 2023 07:11 WIB
Motor listrik Kawasaki Z e-1 mulai dipasarkan di daratan Eropa. (Foto: Kawasaki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMotor listrik Kawasaki sudah bisa dipesan di daratan Eropa salah satunya adalah Kawasaki Z e-1. Disodorkan motor listrik brushless berperforma kuat untuk akselerasi dan responsif sejak awal melesat. Diyakini setara dengan mesin 125cc, pengendara bisa memilih suguhannya rentang tenaganya untuk pengendara lebih percaya diri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kawasaki Z e-1 yang menggunakan sasis Kawasaki Ninja/Z400 ini memiliki dimensi panjang 1.980 mm, lebar 730 mm, dan tingginya 1.035 mm. Jarak sumburodanya 1.370 mm dengan ground clearance 170 mm. Terbilang mudah dikendarai dengan tinggi jok 785 mm.

Motor listrik Kawasaki Z e-1 gunakan penerus daya rantai ke roda belakang. (Foto: Kawasaki)

Fitur unik seperti e-Boost dan Walk Mode dihadirkan untuk memberikan kesenangan berkendara. Tak akan berisik saat Kawasaki Z e-1 ini melesat, karena diklaim motor listriknya senyap dan tak ada emisi gas buang. Motor listrik meneruskan dayanya ke roda belakang gunakan rantai besi dengan rasio 3,867 dari gir 15 mata di depan dan 58 mata di belakang.

Ruang kokpit terdapat layar TFT berukuran 4,3 inci, mudah terlihat meski di kondisi cuaca terang dan bisa dikoneksikan melalui smartphone. Adapun untuk e-Boost, pengendara Kawasaki Z e-1 bisa meningkatkan tenaga lebih dari 15 detik. Ketika diaktifkan, akselerasi bisa lebih kuat dan kecepatan tertingginya dari 56 kpj menjadi 69 kpj (ECO) dan 79 kpj menjadi 99 kpj (Road). Tak ada tuas kopling di bagian setang kiri.

Motor listrik Kawasaki Z e-1 hadirkan kokpit layaknya motor sport bermesin bensin, tapi tanpa kopling. (Foto: Kawasaki)

Di atas kertas, performanya mencapai 5 kW atau setara 6,7 hp dan untuk maksimum mencapai 9 kW atau setara 12 hp. Sedangkan untuk torsinya 40,5 Nm. Fitur Walk Mode yang terdapat di Kawasaki Z e-1 memungkinkan untuk bermanuver di parkiran seperti menuntun. Menggerakkan throttle melewati dari gerakan menutup, akan membuat Kawasaki Z e-1 bergerak mundur. Bobot motor terbilang ringan mencapai 135 kg. 

Penempatan baterai yang tepat di bagian bawah tangki, Kawasaki Z e-1 telah mengoptimalkan yang biasanya sebagai tangki bensin diubah menjadi penempatan barang mencapai 5 liter dan bobot 3 kg. Bisa untuk menempatkan sarung tangan atau jas hujan. 

Motor listrik Kawasaki Z e-1 penempatan baterai melalui bagian atas tangki dan masih menyisakan ruang penyimpanan untuk sarung tangan dan jas hujan. (Foto: Kawasaki)

Akses lepas pasang baterai dual lithium berbobot 11,5 kg juga melalui bagian atas tangki. Offboard charging bisa lakukan pula di atas motor dengan menggunakan charger dedikasi yang bersumber dari listrik rumah. 

Baterai juga bisa dilakukan pengisian secara terpisah dari motor. Waktu pengisian baterai berkapasitas 30 Ah hingga penuh hanya perlu waktu 3,7 jam, sedangkan untuk pengisian cepat 20 persen hingga 85 persen hanya perlu waktu 1,6 jam. Sekali pengisian, Kawasaki Z e-1 bisa menempuh jarak hingga 72 km.

Sasis dari Kawasaki Ninja/Z400 direkayasa untuk penempatan baterai dan motor listrik di Kawasaki Z e-1. (Foto: Kawasaki)

Lincahnya Kawasaki Z e-1 bermanuver berkat penggunaan sasis dari motor yang sudah eksis yakni Kawasaki Ninja/Z400. Sistem pengereman cakram depan berukuran 290 mm dan cakram belakang diameter 220 mm sudah tersematkan sistem pengereman ABS. Ban depan gunakan profil 100/80-17 inci dan ban belakang 130/70-17 inci.

Pilihan Editor: Siap-siap Kawasaki Rilis Motor Sport Baru, ZX-6R?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi