Cara Atasi Pintu Mobil yang Tidak Bisa Dikunci
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 2 Oktober 2023 09:59 WIB
Suzuki Grand Vitara. (Foto: Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil saat ini telah dibekali fitur untuk memudahkan para pengendara, salah satunya mengunci dan membuka pintu mobil dengan cepat dan mudah menggunakan remote. Remote pintu mobil adalah salah satu fitur modern yang memberikan kemudahan, terutama dalam situasi-situasi sibuk atau darurat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, tidak jarang kita menghadapi situasi ketika remote pintu mobil tiba-tiba tidak berfungsi dengan baik, dan pintu mobil tidak bisa dikunci atau dibuka seperti yang seharusnya. Masalah ini bisa menjadi sangat menjengkelkan dan membingungkan.

Dikutip dari suzuki.co.id, terdapat beberapa penyebab seperti gangguan pada remote mobil, baterai remote yang lemah dan gangguan pada sistem pintu mobil.

Setelah mengetahui beberapa penyebab umum dari masalah pintu mobil yang tidak dapat dikunci dengan remote mobil, selanjutnya wajib mengetahui cara sederhana yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah ini sebelum memutuskan untuk menghubungi seorang teknisi.

1. Gunakan Kunci Fisik

Langkah pertama yang harus dicoba adalah menggunakan kunci fisik yang biasanya disertakan dengan mobil. Meskipun ini mungkin terdengar seperti solusi yang sangat dasar, terkadang kita lupa bahwa mobil kita juga dilengkapi dengan kunci fisik yang berfungsi.

2. Atur Ulang Remote

Kadang-kadang, mengatur ulang remote mobil bisa memperbaiki masalah ketika remote tidak berfungsi dengan baik.

3. Bersihkan Kontak Remote

Kontak yang kotor atau berdebu pada remote mobil dapat mengganggu kinerjanya. Membersihkan remote dapat membantu memastikan bahwa sinyal dapat dikirim dengan baik.

4. Periksa dan Ganti Fuse

Remote pintu mobil terhubung ke sistem mobil melalui fuse (sekering) yang mungkin bisa terbakar atau rusak.

Meskipun cara sederhana yang telah dibahas tadi seringkali cukup untuk mengatasi masalah pintu mobil yang tidak dapat dikunci dengan remote mobil, ada beberapa situasi di mana sebaiknya berkonsultasi dengan seorang teknisi atau mekanik otomotif yang berpengalaman.

Pilihan Editor: Mobil Listrik Ingin Modifikasi Audio, Simak Ini!

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi