Honda CRF1100L Africa Twin dan CRF1100L Adventure Sports Banyak Revisi
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 7 Oktober 2023 07:18 WIB
Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports 2024. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHonda CRF1100L Africa Twin dan Honda CRF1100L Adventure Sports mendapat pembaruan performa, visual, dan praktis yang signifikan untuk tahun 2024. Manufaktur berlogo Sayap Merah ini mengabarkan tenaga dan torsi lebih besar pada rentang putaran rendah dan menengah dengan peningkatan torsi maksimal sebesar 7 persen.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mesin dua silinder paralel berkapasitas 1.084cc tetap menjadi jantung keluarga Africa Twin dan untuk tahun 2024 mendapat manfaat dari peningkatan kinerja yang signifikan baik dalam tenaga maupun torsi pada rentang putaran rendah dan menengah. 

Tenaga puncak tetap pada 105 hp, namun peningkatan torsi maksimum sebesar 7%, kini menjadi 112Nm, dihasilkan lebih awal pada 5.500rpm dibandingkan 6.250rpm. Hal ini berkat rasio kompresi berubah dari 10,1:1 menjadi 10,5:1, yang bersamaan dengan perubahan pada valve timing, port intake, dan pengaturan ECU memungkinkan mesin menghasilkan performa lebih dari setiap langkah.

Honda CRF1100L Africa Twin 2024. (Foto: Honda)

Perubahan tambahan di sistem pembuangan juga berkontribusi pada peningkatan performa, dengan knalpot baru yang menghasilkan nada menyenangkan pada RPM rendah dan nada bass yang lebih kuat seiring peningkatan putaran mesin.

Kedua model akan tersedia dengan transmisi manual atau Dual Clutch (DCT). Diyakini DCT penjualannya telah mencapai 240.000 unit di daratan Eropa semenjak diperkenalkan pada 2009 di Honda VFR1200F.

Untuk tahun 2024, sistem DCT pada Africa Twins telah disempurnakan untuk memanfaatkan peningkatan performa mesin, yang diturunkan lebih awal. Sistem ini juga mendapat manfaat dari deteksi menikung yang lebih baik dan kini menghadirkan kesan ‘ringan’ yang lebih alami pada awal melesat dan antara gigi pertama dan kedua untuk meningkatkan rasa dan feedback pengendara.

Honda CRF1100L Africa Twin kini sudah dilengkapi komponen suspensi Showa Electronically Equipped Ride Adjustment (Showa EERA). Penyetelan bisa terlihat langsung di layar 6,5 inci, terdapat lima mode yakni SOFT, MID, HARD, OFF-ROAD, dan USER.

Ban telah disiapkan Honda CRF1100L Africa Twin berupa Metzeler Karoo Street sebagai standar. Bila ingin menerobos jalur lebih berat, ada pilihan Michelin Anakee Wild.

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports tersedia 4 pilihan paket yakni Rally, Adventure, Urban, dan Travel. (Foto: Honda)

Bila ingin perjalanan lebih nyaman, ada fairing tambahan dan penampang angin yang dapat disetel lima ketinggian, pandangan ke depan tetap baik sekaligus meningkatkan perlindungan dari terpaan angin.

Honda CRF1100L Africa Twin tersedia dalam pilihan warna Grand Prix Red dan Matt Ballistic Black Metallic. Sedangkan untuk Honda CRF1100 Africa Twin dengan Showa EERA yang akan dijual dengan gabungan tiga warna Pearl Glare White dan Glint Wave Blue Metallic Tricolour, serta ditambahkan grip pemanas dan soket ACC.

Didesain untuk perjalanan jarak jauh, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports telah didesain ulang fairing depannya terlihat agresif untuk meningkatkan defleksi angin dan aerodinamis pada bodi bagian atas. Seperti saudaranya, ia memiliki layar 5 tingkat yang dapat disesuaikan ketinggiannya. Joknya baru dan menggunakan bantalan busa uretan yang lebih tebal +15 mm dengan kepadatan optimal untuk mengurangi kelelahan berkendara jarak jauh.

Honda CRF1100L Africa Twin akan tersedia dalam warna Matt Ballistic Black Metallic dan Pearl Glare White Tricolour.

Untuk memastikan bahwa pengendara Africa Twin dapat memiliki sepeda motor sesuai keinginannya, tersedia aksesori khusus yang meningkatkan kemampuan jelajah dan performa off-road, kenyamanan jarak jauh, dan kepraktisan setiap Africa Twin. Tersedia secara individual atau dalam empat paket khusus - Rally, Adventure, Urban, dan Travel - aksesorinya mencakup bagasi hingga 128L, perlindungan sasis tambahan, dan opsi kursi rendah.

Honda CRF1100L Africa Twin dan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports akan mulai tiba di dealer di kawasan Eropa mulai November 2024.

Pilihan Editor: Kontes Mekanik Motor Honda Digelar di Jepang, Ada 2 Motor yang Diuji

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi