Francesco Bagnaia Sabet Gelar Juara BMW M Award 2023
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 7 November 2023 10:04 WIB
BMW XM Label Red hadiah untuk best pole position MotoGP 2023. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Francesco Bagnaia masih harus berjuang dalam mempertahankan gelar juara dunia MotoGP-nya. Meski begitu, Pecco sapaan akrabnya sudah berhasil menyabet gelar juara BMW M Award 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dikutip dari Speedweek, Selasa, 7 November 2023. pembalap asal Italia tersebut telah mengamankan gelar tersebut. Artinya, Francesco Bagnaia berhak mendapatkan BMW XM Label Red.

Sebagai informasi, BMW M Award digelar setiap tahunnya sejak 2003 hingga sekarang. Setiap pembalap akan mendapatkan poin sesuai dengan hasil kualifikasi yang dimilikinya.

Sistemnya pun mirip seperti balapan. Di mana peraih pole position akan dapat 25 poin, posisi start kedua dapat 20 poin, posisi ketiga 16 poin, dan seterusnya.

Francesco Bagnaia saat naik podium pertama di MotoGP Mandalika. (Foto: Ducati)

Pada akhir musim, pembalap dengan jumlah poin terbanyak, berhak mendapatkan hadiah satu unit mobil BMW M. Marc Marquez masih menjadi pemegang rekor terbanyak dengan tujuh tahun berturut-turut, sejak 2013 hingga 2019 sabet BMW M Award.

Selain itu terdapat Valentino Rossi dan Casey Stoner masing-masing mengantongi tiga gelar. Jorge Lorenzo dan Fabio Quartararo dengan dua kemenangan. Lalu, Sete Gibernau dan Nicky Hayden masing-masing mendapatkan satu gelar.

Francesco Bagnaia tercatat sebagai juara pada musim 2022 lalu. Dia kini kembali berhasil mengunci gelar tersebut lebih awal.

Pada musim ini, Bagnaia telah mengamankan enam kali pole position. Setelah mendapat posisi start keenam pada MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Buriram.

Untuk BMW M Award ini, Bagnaia sekarang unggul 76 poin dari Jorge Martin. Namun, dia masih harus menunggu hingga akhir musim untuk mendapatkan hadiah BMW XM Label Red, mobil hybrid pertama dari BMW M.

Pilihan Editor: Bos Yamaha Yakin Quartararo dan Morbidelli Capai Hasil Positif di MotoGP 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi