5 Tips Persiapan Motor Hadapi Musim Hujan
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 7 November 2023 14:00 WIB
Sejumlah pengendara motor mendorong motornya yang mogok akibat melintasi banjir di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu 6 November 2022. Banjir setinggi 10 cm hingga 90 cm menggenangi sejumlah ruas jalan, permukiman penduduk dan fasilitas umum di Kota Singkawang akibat tingginya curah hujan sejak Sabtu malam hingga Minggu di wilayah setempat. ANTARA FOTO/Reza Novriandi
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Musim hujan mulai tiba di sejumlah wilayah. Para pemilik motor tentu harus bersiap dengan genangan air, lumpur, dan kondisi jalan yang licin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perlu diketahui juga jika efek hujan juga bisa berimbas negatif pada motor. Oleh karenanya perlu kesiapan khusus buat motor bisa kondisinya selalu optimal meski setiap hari diguyur hujan.

Dikutip dari Wahana Honda, berikut tips motor dalam hal persiapannya menghadapi musim hujan.

1. Bersihkan Motor dan Berikan Pelumas

Setelah berkendara di jalan yang hujan atau setelahnya, penting untuk membersihkan motor secara menyeluruh. Terdapat bagian yang rentan terhadap kotoran dan air, seperti bagian bawah motor dan sambungan mekanis.

Setelah membersihkan, berikan pelumas pada bagian-bagian yang membutuhkannya, seperti rantai dan bagian-bagian bergerak lainnya. Hal ini akan membantu mencegah gesekan berlebih dan memperpanjang umur komponen.

2. Periksa Sistem Kelistrikan

Komponen listrik di motor cukup rentan terhadap kerusakan akibat air. Periksa semua kabel dan sambungan listrik terlindungi dengan baik.

Bila perlu gunakan selotip khusus atau sarung plastik yang rapat untuk melindungi area-area tersebut dari kontak langsung dengan air hujan.

3. Periksa Sistem Pengereman

Sistem rem harusnya berfungsi dengan baik terutama di jalan yang basah. Pastikan kampas rem dan cakram dalam kondisi optimal.

Periksa juga apakah ada tanda-tanda aus atau keausan yang berlebihan. Jika diperlukan, ganti kampas rem yang sudah aus untuk memastikan kinerja rem yang optimal.

4.  Periksa Tekanan Angin Ban

Periksa kondisi dan tekanan ban secara rutin. Pastikan tapak ban motor cukup tebal untuk memberikan cengkraman yang baik, terutama pada jalanan basah.

5. Parkir Motor di Tempat Tertutup

Sebaiknya selalu parkirkan motor di tempat yang terlindung dari hujan dan elemen cuaca lainnya. Menggunakan penutup motor juga dapat membantu melindunginya dari paparan air dan kotoran yang dapat merusak komponen.

Pilihan Editor: 5 Cara Mudah dan Praktis Cuci Helm Motor di Rumah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi