Keuntungan Punya Mobil Listrik Wuling Air ev di Perkotaan
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 9 November 2023 08:26 WIB
Wuling Air ev di pameran Indonesia Electric Motors Show (IEMS) 2023 di ICC Building BRIN, Kawasan Sains Teknologi (KST) Soekarno, Cibinong, Bogor dari 20 September 2023. (Wuling)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Memiliki mobil listrik saat ini sangat menguntungkan bila digunakan di perkotaan. Apalagi sekali pengisian baterai biayanya tak sampai Rp 50.000 berbanding dengan penggunaan bahan bakar bensin untuk jarak 200 km, bisa menenggak 15 liter lebih dengan harga Rp 200.000 lebih.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berkesempatan berbincang dengan Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Indonesia beberapa pekan lalu, bahwa memiliki mobil listrik sangat menguntungkan dengan mendapat subsidi dari pemerintah yang membuat mobil listrik semakin terjangkau.

Danang Wiratmoko lebih mengulas bagaimana mobil listrik saat ini diibaratkan seperti masyarakat memiliki smartphone. Mudah dalam hal pengecasan listrik, murah dalam kepemilikan kendaraan dan minim perawatan karena tak banyak komponen bergerak.

Bila melihat penggunaan kendaraan roda empat di perkotaan, kebanyakan pemilik menempuh jarak 40-80 km setiap hari. “Andai mereka berangkat dari rumah menuju kantor, hal ini baterai bisa dipakai dua sampai tiga hari. Ketika sampai rumah, pemilik tinggal melakukan pengecasan ulang. Di tiap gedung perkantoran juga sudah ada, tapi saat ini bisa dibilang jarang digunakan, karena mereka sudah mengisi di rumah.”

Adapun Danang Wiratmoko juga mengatakan bahwa SPKLU di Jakarta juga sudah banyak dijumpai para pemilik Wuling Air ev. Jika melakukan pengisian daya di SPKLU, biaya yang dibutuhkan juga hanya berkisar Rp65 ribuan (Long Range) dan Rp42 ribuan (Standar Range dan Lite) dengan harga satu kWh berkisar Rp2.467.

Wuling Air ev Long Range untuk KTT AIS Forum 2023. (Foto: Wuling)

Pengisian daya dari kapasitas baterai kosong hingga penuh, biayanya juga diklaim kurang dari Rp50.000 bila menggunakan sumber listrik dari rumah. Mengingat harga listrik per-1 KwH hanya sebesar Rp1.699 saja. Hal ini tentunya untuk pengisian daya yang dilakukan di rumah. Sebagai gambarannya, tarif listrik rumah tangga berdaya 2.200W ialah Rp1.444,70 per kWh, sedangkan daya 3.500 W Rp1.699,53. 

Artinya, untuk sekali pengisian penuh Wuling Air ev tipe Long Range dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh (1.444,70 X 26,7) hasilnya Rp38 ribuan dan Rp44 ribuan untuk daya 3.500W.

Pemilik Wuling Air ev cukup menyediakan wall box di rumah secara terpisah dengan tegangan listrik 2.200W. Perihal baterainya, Battery Lithium Ferro-phosphate IP67 certified, Wuling memberikan garansi hingga 8 tahun kepemilikan. 

Diinfokan lebih lanjut dari website Wuling, Wuling Air ev diluncurkan dalam dua tipe, yaitu Long Range yang dapat digunakan berkendara hingga jarak 300 km dan Standard Rage yang dapat digunakan hingga jarak tempuh 200 km. Masing-masing tipe ini memiliki waktu atau durasi charging yang berbeda. Daya listrik long range mencapai 2200-6600 kwh, sedangkan daya listrik Standard Rage adalah 2200 kwh.

Untuk pengisian data menggunakan Socket Box, tipe Long Range membutuhkan waktu 11 jam pengisian, sedangkan untuk tipe Standard Rage membutuhkan waktu 8.5 jam. Jika menggunakan socket box, tipe Long Range membutuhkan waktu 4 jam dan tipe Standard Rage 8.5 jam.

Fitur Easy Charging yang dimiliki oleh Wuling Air ev memang bisa menjadi solusi untuk kebutuhan aktivitas pengguna mobil yang berada di perkotaan dan selalu sibuk beraktivitas. Hadirnya fitur ini, membuat proses pengisian ulang daya baterai bisa dilakukan dengan mudah, bahkan dapat dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing. 

Wuling Air ev, dihadirkan desain future-tech menawarkan teknologi futuristic melalui fitur modern yang inovatif, seperti adanya Intelligent Tech-Dashboard, Multifunction Steering Wheel, Integrated Floating Widescreen, serta Futuristic Center Console. Berpindah pada sisi interior, Wuling Air ev mengedepankan kenyamanan pada kabin yang roomy melalui konfigurasi 4-seater dengan pengaturan 50:50 tersedia di bangku baris kedua untuk memberikan akses lebih bagi pengguna.

Didukung WIND dan IoV, Safety Protection (2 Airbags, ABS, EBD, ESC, EPB, AVH, ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, TPMS, Rear Parking Sensor & Camera, Immobilizer, Anti Theft Alarm).

Pilihan Editor: Wuling Tawarkan Program Promo Akhir Tahun, DP Alvez Rp 20 Jutaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi