4 Tips Atasi Kunci Motor Yang Macet Tanpa ke Bengkel
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 15 November 2023 11:00 WIB
Kunci Motor. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Motor yang menggunakan anak kunci masih sering terjadi kunci yang tidak bisa diputar atau macet. Kondisi kunci motor seperti ini pasti bikin repot dan panik para pemilik kendaraan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penyebab kunci motor macet sangat beragam. Ada yang terjadi karena pemakaian pengguna yang tidak benar, ada juga yang terjadi karena endapan air masuk ke kontak kunci. Namun penyebab kunci motor macet yang paling utama adalah kotoran yang masuk ke kontak kunci seperti debu dan tetesan air.

Jika terjadi hal tersebut pemilik motor disarankan jangan terlalu memaksakan memutar kunci yang tidak bisa diputar atau macet, maka kunci motor bisa patah hingga menyangkut di kontak kunci. Dikutip dari Wahana Honda, begini tips bagaimana mengatasi kunci motor macet dengan aman dan benar.

1. Tekan Kunci dan Putar Setir

Cara awal untuk mengatasi kunci motor yang tidak bisa diputar adalah dengan menekan kunci motor dan memutar setir ke kiri dan kanan. Hal ini dilakukan untuk mencari celah agar kunci dapat bergerak. Pastikan memutar kunci dan setir sekuat-kuatnya.

2. Pelumas Besi

Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan dan melumasi silinder kunci. Ini dapat dilakukan dengan menyemprot silinder kunci dengan cairan pembersih kontak elektrik untuk membersihkannya dari kotoran.

Kemudian teteskan sedikit cairan grafit guna melumasinya. Saat proses ini dilakukan, putar kunci sekuat-kuatnya sambil menggoyangkan setir.

3. Kunci Bengkok

Salah satu penyebab kunci motor tidak bisa diputar adalah karena kunci yang sudah bengkok. Untuk membuktikan bengkok atau tidak, letakan kunci di tempat yang datar, pasti akan terlihat  kunci keadaan bengkok atau tidak. Jika kunci dalam posisi bengkok, segera perbaiki atau  langsung ganti  dengan yang baru.

4. Posisi Kunci Salah

Pada beberapa jenis silinder kunci, selongsong mungkin berada dalam posisi yang terkunci, hingga pernya tidak mampu mendorongnya kembali. Oleh karena itu, jangan tergesa-gesa saat memasukkan kunci pada kontak agar posisi kunci dalam posisi yang benar dan dapat diputar.

Namun jika semua langkah di atas sudah dilakukan, dan kunci tetap macet. Segera hubungi mekanik ahli untuk menanganinya atau bisa membawanya ke bengkel terdekat.

Pilihan Editor: 5 Tips Persiapan Motor Hadapi Musim Hujan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi