New BMW R 12 nineT dan BMW R 12, Incaran Penggemar Cruiser
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 25 November 2023 18:01 WIB
BMW R 12 nineT dan R 12. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaNew BMW R 12 nineT dan BMW R 12 menjadi pilihan baru bagi para pengendara yang menginginkan gaya motor classic roadster. Selain itu bisa juga diandalkan di jalan perkotaan atau berkendara jauh sambil menikmati pemandangan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

BMW R 12 nineT hadir dari kesuksesan dan pengembangan “The Spirit of nineT”, dibuat lebih bergaya untuk perjalanan jauh. Sedangkan untuk BMW R12 mengusung tema “The Spirit of Easy” dikemas sebagai classic cruiser yang kerena dan santai ketika dikendarai.

Selama 100 tahun terakhir, mesin boxer dua silinder dan penggunaan penggerak propeller shaft identik dengan sepeda motor BMW Motorrad. Sejalan dengan warisan ini, model baru BMW R 12 nineT dan BMW R 12, yang dihadirkan dalam rangka peringatan “100 Tahun BMW Motorrad”, semakin menekankan konfigurasi powertrain yang khas, menyusul peluncuran BMW R 1300 GS baru baru-baru ini.

BMW R 12 nineT. (Foto: BMW) 

Mesin boxer berpendingin udara/oli berkapasitas 1.170 cc yang sudah tidak asing lagi di berbagai model BMW Motorrad, menghadirkan tenaga 109 hp pada 7.000 rpm dan torsi 115 Nm pada 6.500 rpm di R 12 nineT. Sementara tenaga 95 hp pada 6.500 rpm dan torsi 110 Nm pada 6.000 rpm di BMW R 12. 

Sebagai bagian dari desain ulang sasis secara menyeluruh, model BMW R 12 baru juga dilengkapi airbox baru. Ini sekarang terintegrasi penuh di bawah jok. Sistem pembuangan “Pipa Kembar” yang dipasang di kiri dengan dua peredam suara belakang dengan desain kerucut terbalik memenuhi keinginan akan roadster dan penjelajah yang berdesain klasik dan sporty.

Di bagian komponen BMW R 12 nineT, tangki aluminium dengan panel samping yang disikat dan dilapisi bening, jok, dan punuk ekor menciptakan garis yang meninggi dan dinamis. Peningkatan ergonomi dibandingkan pendahulunya terutama disebabkan oleh tangki bahan bakar yang lebih pendek 30 mm dan lebih sempit di area belakang. Pengendara lebih dekat ke setang, mendapat manfaat dari peningkatan kontak lutut, dan memiliki posisi duduk yang lebih berorientasi ke depan pada sepeda motor secara keseluruhan.

BMW R 12. (Foto: BMW)

Di BMW R 12 baru, tangki baja, mengingatkan pada apa yang disebut “Toaster Tanks” pada model BMW /5 tahun 1970-an, menekankan bahasa desain khas kapal penjelajah dalam bentuk tetesan air mata klasik dan membentuk garis menurun yang dipadukan dengan jok tunggal standar dan penutup roda belakang melengkung yang dipasang rendah.

Roda depan berukuran besar 19 inci dan roda belakang kecil berukuran 16 inci melengkapi hal ini secara harmonis. Desain kapal penjelajah klasik juga tercermin pada posisi duduk santai dengan tinggi jok rendah dan setang lebar.

Tiap model ada tiga pilihan warna dari BMW Motorrad yakni untuk BMW R 12 nineT yakni Blackstorm metallic, San Remo Green metallic, dan Option 719 "Aluminium" detail brushed aluminium / Night Black solid paint. Pilihan BMW R 12 untuk warna ada Blackstrom metallic, Aventurine Red metallic, dan Option 719 “Thorium” dengan Avus Silver metallic.

Pilihan Editor: Motor Baru BMW R 1300 GS, Harga Rp 290 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi