Uni Wheel Teknologi Gerak Roda Mobil Listrik dari Hyundai dan Kia
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 2 Desember 2023 06:30 WIB
Sistem Uni Wheel dari Hyundai dan Kia. (Foto: Hyundai dan Kia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHyundai Motor Company dan Kia Corporation telah meluncurkan Universal Wheel Drive System — disebut ‘Uni Wheel’ — di ‘Uni Wheel Tech Day’ di Seoul, Korea. Sistem penggerak kendaraan yang mengubah paradigma ini akan merevolusi desain perangkat mobilitas masa depan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Uni Wheel adalah sistem penggerak roda terintegrasi secara fungsional yang secara dramatis meningkatkan ruang yang tersedia di dalam kendaraan listrik (EV) dengan memindahkan komponen sistem penggerak utama ke ruang kosong di dalam hub roda. Dalam pengoperasiannya, Hyundai Motor dan Kia telah merancang struktur sistem penggerak yang benar-benar baru.

Uni Wheel dari Hyundai dan Kia. (Foto: Hyundai dan Kia)

Di kendaraan dengan internal Combustion Engine (ICE), tenaga disalurkan dari mesin melalui transmisi dan ke roda melalui poros penggerak dan sambungan kecepatan konstan (CV). Pada kendaraan listrik, mesin dan transmisi digantikan oleh motor dan gigi reduksi, namun metode akhir transmisi ke roda tetap sama.

Uni Wheel membuka kemungkinan baru dan memungkinkan konfigurasi lantai datar dengan menggerakkan gigi reduksi EV di dalam hub roda, menempatkan motor individu kompak di dekat setiap roda, sehingga mengurangi panjang poros penggerak.

Sistem ini membebaskan lebih banyak ruang interior secara signifikan dibandingkan dengan sistem penggerak konvensional, sehingga memungkinkan produk mobilitas masa depan dioptimalkan untuk berbagai aplikasi, seperti Purpose Built Vehicles (PBV).

Uni Wheel akan dipakai di mobi listrik masa depan Hyundai dan Kia. (Foto: Hyundai dan Kia)

“Kami sangat senang dapat menampilkan ide-ide inovatif yang dapat mengubah permainan di pasar mobilitas masa depan,” ujar Jongsool Park, Senior Fellow di Institute of Advanced Technology Development Hyundai Motor Group. 

Dirinya menambahkan, “Kami akan menyempurnakan teknologinya sehingga pelanggan dapat merasakan mobilitas dengan cara yang benar-benar berbeda dan baru.”

Hyundai Motor dan Kia terus memverifikasi stabilitas, efisiensi, dan ketahanan Uni Wheel melalui berbagai pengujian untuk menyempurnakan pengembangannya dan akan terus berupaya meningkatkan efisiensinya dengan menyesuaikan rasio roda gigi reduksi, serta meningkatkan sistem pelumasan dan pendinginan.

Pilihan Editor: Kia EV Day Pamerkan EV5 dan Dua Mobil Konsep Listrik Murah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi