KTM Ingin Maksimalkan Aerodinamika di Tes pramusim MotoGP 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 4 Desember 2023 06:30 WIB
Jack Miller tes aerodinamika KTM RC16 di sirkuit Ricardo Tormo. (Foto: KTM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPengetesan satu hari di Sirkuit Ricardo Tormo yang merupakan perdana tes pramusim MotoGP 2024, satu hari usai MotoGP Valencia, 28 November 2023, Red Bull KTM Factory Racing Team melakukan penyempurnaan secara bertahap.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jack Miller dan Brad Binder punya tugas berbeda untuk melakukan pengembangan terhadap KTM RC16 untuk bersaing di MotoGP 2024.

“Hanya satu hari di Valencia jadi tinggal melewati sebanyak yang kami bisa. Penting mengumpulkan informasi untuk pekerjaan musim dingin untuk tes Sepang,” ujar Francesco Guidotti, Red Bull KTM Factory Racing Team Manager.

Jack Miller tes KTM RC16 di sirkuit Ricardo Tormo. (Foto: KTM)

“Kami tidak pernah berhenti mengembangkan motor, ada banyak hal yang terjadi selama balapan akhir pekan, jadi kami tidak mencari langkah besar. Kami perlu mengerjakan sedikit detail dan pengendara perlu memahami bagaimana dan di mana menggunakan potensi tersebut,” jelas Francesco Guidotti. 

Ditegaskan oleh Francesco Guidotti bahwa, “Kami mencari keuntungan kecil dalam hal elektronik, aerodinamika, di mana saja. Kami tahu mesin kami kuat dan sasis adalah spesifikasi pertama dari teknologi baru: ada banyak area di mana kami masih bisa ditangani.”

Adapun dalam pengetesan satu hari di sirkuit sepanjang 4.002 meter tersebut, Brad Binder menjadi pembalap tercepat kedua setelah Maverick Vinales yang mengendarai Aprilia RS-GP. KTM RC16 ini hanya terpaut 0,028 detik dari Aprilia RS-GP.

Sebastian Risse, Red Bull KTM Technical Manager MotoGP mengungkapkan bahwa ada perubahan yang signifikan di bagian aerodinamika.

Jack Miller tes KTM RC16 di sirkuit Ricardo Tormo. (Foto: KTM)

“Tim dan pembalap melakukan eksplorasi yang tepat untuk aerodinamika karena hal ini perlu dilakukan homologasi agar bisa digunakan musim depan,” yakin Sebastian Risse.

Dijelaskan lagi oleh Sebastian Risse, “Kami juga ada project seperti knalpot dengan banyak setelan, beberapa engine management untuk penggunaan bahan bakar terbaru.”

Tes pramusim MotoGP 2024 akan berlangsung lagi pada 6-8 Februari mendatang di sirkuit Sepang, Malaysia.

Pilihan Editor: Ini Raihan Bakal Pertamina Enduro VR46 MotoGP Team di Tes Pramusim MotoGP 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi