Suzuki India Rayakan Produksi 3 Juta Unit, Siap Produksi Mobil Listrik Baterai
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 9 Desember 2023 13:00 WIB
Suzuki Fronx penanda produksi 3 juta unit di Suzuki Motor Gujarat Private Limited (SMG), 4 Desember 2023. (Foto: Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaSuzuki mengabarkan bahwa fasilitas produksi di India yakni tepatnya di Suzuki Motor Gujarat Private Limited (SMG) mencatatkan total produksi 3 juta unit pada 4 Desember 2023. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Padahal Suzuki Motor Gujarat Private Limited (SMG) terbilang masih baru memproduksi mobil-mobil Suzuki di India. Diresmikan pada Februari 2017 dan dalam waktu 6 tahun 11 bulan mampu membukukan produksi 3 juta unit kendaraan roda empat.

Menjadi fasilitas produksi tercepat dalam sejarah Suzuki, adapun kendaraan yang keluar bertepatan dengan produksi 3 juta unit ini adalah Suzuki Fronx.

Diyakini fasilitas Suzuki Motor Gujarat Private Limited (SMG) ini tak sekadar menyediakan pasar lokal India, tapi juga untuk pasar ekspor.Termasuk mengirimkan kendaraan ke Amerika Latin dan Afrika.

Sedianya di Suzuki Motor Gujarat Private Limited (SMG) ini akan juga memproduksi Battery Electric Vehicle (BEV) mulai tahun 2024.

Bertujuan untuk lebih meningkatkan efisiensi bisnis produksi mobil di India guna memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang dan netralitas karbon, SMG menjadi anak perusahaan Maruti Suzuki India Limited (MSIL). MSIL berencana untuk mengamankan kapasitas produksi sekitar 4 juta unit di India pada tahun fiskal 2030.

Sebagai informasi, Suzuki Motor Gujarat Private Limited berlokasi di Hansalpur, Gujarat, pada bulan Maret mencatatkan pekerjanya mencapai 3.200 orang. Di fasilitas ini mampu memproduksi 750.000 unit per tahun.

Adapun A Plant mulai beroperasi Februari 2017 yang khusus untuk Baleno dan OEM model, B Plant beroperasi Januari 2019 untuk produksi Suzuki Swift dan Dzire, C Plant April 2021 untuk produksi Dzire dan Fronx. Sedangkan untuk produksi tujuan ekspor pada bulan Maret 2018.

Pilihan Editor: Fitur ESP pada Mobil Berfungsi Penting saat Kondisi Hujan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi