Suzuki akan Perbanyak Mobil Berteknologi SHVS
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 4 Desember 2023 14:58 WIB
Suzuki XL7 Hybrid dihadirkan ground clearance hingga 200 mm. (Foto: Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaSmart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) masih akan menjadi unggulan dari produk Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W untuk meramaikan pilihan elektrifikasi di Indonesia. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Melihat data mengenai peningkatan volume emisi gas rumah kaca Indonesia, kami menyadari bahwa perlu adanya langkah pengurangan penggunaan energi untuk mengatasi berbagai persoalan lingkungan yang terjadi,” Hal tersebut diungkapkan Harold Donnel, 4W Marketing Director PT SIS saat berdiskusi perihal dekarbonisasi kendaraan di Diskusi FORWOT ke-20 Tahun, 2 Desember 2023.

Harold Donnel menjelaskan bahwa jika dilihat dari sumbernya, sektor transportasi menjadi salah satu penyumbang emisi yang cukup besar. Dengan mempertimbangkan ketersediaan infrastruktur dan kemampuan pasar secara umum, Suzuki berinisiatif untuk mengurangi penggunaan bahan bakar serta meminimalisir emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan melalui teknologi hybrid. 

“Selama dua tahun terakhir, kami telah menyematkan teknologi SHVS pada beberapa kendaraan seperti All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid sebagai langkah awal Suzuki, Setiap bulan, ketertarikan pasar terhadap mobil hybrid pun semakin baik, contohnya penjualan mobil hybrid Suzuki di Indonesia mencapai 46% dibandingkan keseluruhan penjualan passenger model Suzuki di bulan Oktober 2023,” ujar Harold Donnel.

Baterai Suzuki Ertiga Hybrid berada di bagian bawah jok penumpang depan. (Foto: Suzuki)

Untuk menunjukkan komitmennya, Suzuki telah mengimplementasikan komitmen tersebut melalui teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang telah disematkan di lini produk unggulannya. Teknologi ini memungkinkan mobil dapat mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi emisi gas buang karena penggabungan antara mesin konvensional dengan ISG (Integrated Starter Generation) dan Lithium-ion Battery.

Salah satu langkah awal yang telah diwujudkan secara bertahap adalah penyediaan teknologi dan kendaraan hybrid. Menurut pengujian internal, teknologi SHVS yang disematkan pada setiap kendaraan Suzuki mampu mereduksi emisi gas buang sampai dengan 15% jika dibandingkan dengan model non-hybrid. 

Teknologi SHVS bekerja lewat dukungan dari dua komponen yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery yang melengkapi keberadaan mesin pembakaran internal (ICE). Selain sebagai langkah awal menuju kendaraan karbon netral, teknologi SHVS juga ditawarkan Suzuki sebagai solusi akan kendaraan yang lebih efisien terhadap pengeluaran akan penggunaan bahan bakar untuk menjawab berbagai kebutuhan konsumen.

Pilihan Editor: Suzuki Indomobil Sales Melampaui Target Penjualan di GIIAS Bandung 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi