Suzuki Grand Vitara Punya Sistem SHVS, Simak Cara Pakainya
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 18 Agustus 2023 13:41 WIB
Suzuki Grand Vitara. (foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTeknologi mild-hybrid yang dihadirkan di Suzuki Grand Vitara cukup membuat banyak penasaran konsumen di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023, selama sebelas hari, 10-20 Agustus.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adanya Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang diusung Suzuki Grand Vitara menjanjikan performa terbaik di kelasnya dan efisiensi bahan bakar. Menggunakannya perlu trik khusus agar baterai lithium-ion bisa terisi penuh 10 Ah. Perihal baterai hybridnya berada di bagian bawah penumpang depan.

Adapun Smart Hybrid Vehicle by Suzuki ini ketika ingin melaju, cukup angkat tuas rem, mesin akan kembali aktif. Di saat putaran mesin menyentuh 1.400 rpm hingga ke 2.000 rpm, mesin akan dibantu oleh baterai untuk memperingan penggerak roda depannya. Pastinya bahan bakar menjadi lebih efisien dan tendangan tenaganya bisa lebih besar.

Cara kerja SHVS di Suzuki Grand Vitara. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)

Berkendara Suzuki Grand Vitara mild-hybrid ini akan membuat pengendara melakukan perilaku baru. Saat cruising melepas pedal gas atau melewati turunan, pengendara cukup menekan pedal rem sedikit, baterai akan langsung terisi.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) memposisikan SUV yang didatangkan dari India ini bermain di kelas 1.500 cc. Bila menengok spesifikasi mobil baru Suzuki Grand Vitara memiliki dimensi yang cukup kompetitif dengan Honda HR-V serta Hyundai Creta. Berdimensi panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.645 mm, kemudian jarak sumbu roda 2.600 mm. Penampilannya gagah dengan penggunaan ban 215/60 R17.

Adanya wireless charger hingga head-up display didukung pendaran cahaya temaram di kabin. Paddle shift hingga cruise control menjadi fitur yang cukup membantu pengendara lebih praktis.   

Teknologi keselamatan 360 derajat juga ditawarkan, termasuk airbag 6 buah, serta tyre pressure monitoring system (TPMS). Fitur standar sudah ada hill descent control dan hill hold assist. Semoga saja fitur-fitur tersebut dipertahankan Suzuki untuk pasar Indonesia.

Bakal menjadi kejutan apabila Suzuki Grand Vitara yang didatangkan menggunakan Intelligent Electric Hybrid, memadukan motor listrik bertenaga baterai dan mesin empat silinder 1.490 cc. Karena klaimnya, untuk sekali isi bensin tangki penuh bisa menempuh jarak 1.200 km. Bahkan bisa melaju senyap menggunakan motor listrik saja, karena tenaga motornya saja 80 PS dan torsi 141 Nm. Adapun standar mesin ICE menyajikan daya 92 PS dan torsi 122 Nm.

Tak ketinggalan teknologi Suzuki Connect bisa menjadi kejutan tambahan. Fitur ini dapat mengoperasikan berbagai fitur Grand Vitara melalui aplikasi ponsel. Pengguna juga dapat mencari posisi mobil bila lupa menaruh di parkiran hingga dapat menyalakan AC sebelum mengakses ke kabin.

Berikut harga lengkap Suzuki Grand Vitara Hybrid:

Suzuki Grand Vitara GL AT : Rp359,4 juta Suzuki Grand Vitara GX AT : Rp384,4 juta Suzuki Grand Vitara GX AT : Rp387,4 juta

Pilihan Editor: Mengenal Fitur E-Mirror Touchscreen di Suzuki XL7 Hybrid

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi