Yamaha Motor Dirikan Enyring GmbH Siapkan Swap Baterai Kendaraan Listrik
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 30 Desember 2023 09:44 WIB
Enyring Swap & Ride Yamaha. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaYamaha Motor mengabarkan telah mendirikan Enyring GmbH sebagai perusahaan baru yang akan menawarkan baterai dan dapat ditukar untuk kendaraan listrik perkotaan kompak melalui layanan berbasis langganan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melalui penawaran layanan tersebut dan dengan menggunakan kembali dan mendaur ulang baterai bersama dengan para pemimpin sirkularitas Eropa, Enyring akan mampu menciptakan lingkaran tertutup di mana bahan daur ulang digunakan sebagai sumber daya untuk menciptakan produk baru.

Inisiatif baru ini akan berupaya menciptakan masyarakat yang berkelanjutan dan berorientasi pada daur ulang yang tidak hanya mengurangi beban ekonomi dan waktu bagi pelanggan namun juga dampaknya terhadap lingkungan. 

Enyring, yang secara resmi didirikan bulan ini, akan berbasis di Berlin, Jerman dan dimulainya operasinya dijadwalkan pada paruh pertama tahun 2025.

Enyring Swap & Ride Yamaha, akan disiapkan ekosistemnya hingga daur ulang. (Foto: Yamaha)

Enyring membayangkan kolaborasi antara Yamaha Motor dan perusahaan mitra strategis, dan terdapat rencana peluncuran operasi untuk memperluas bisnis di Jerman—dimulai di Berlin—dan di Belanda.

Dengan target kendaraan listrik perkotaan kompak dalam rentang kecepatan rendah (terutama eBikes), layanan Enyring akan menyewakan baterai yang tersedia secara berlangganan. Baterai ini dapat dengan mudah ditukar di stasiun baterai mana pun yang dapat ditukar yang dipasang di seluruh kota kapan saja, sehingga menghilangkan kerumitan pengisian ulang serta biaya pembelian baterai baru setelah masa pakainya habis. 

Selanjutnya, baterai bekas yang sudah tidak layak lagi digunakan untuk mobilitas digunakan kembali sebagai baterai penyimpanan, dibongkar menjadi sel, didaur ulang, dan digunakan kembali sebagai baterai baru. Proyek ini diluncurkan dengan tujuan untuk memberikan nilai baru dalam transportasi sehari-hari sebagai bagian dari upaya Yamaha Motor menciptakan dunia yang netralitas karbon

Bisnis ini akan berkontribusi terhadap pengurangan limbah, penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan, dan peningkatan efisiensi energi, yang merupakan isu-isu utama yang diidentifikasi dalam Yamaha Motor Group Environmental Plan 2050.

Pilihan Editor: Yamaha MT-09 SP Punya Spesifikasi Lebih Unggul

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi