PT Bridgestone Tire Indonesia Raih PROPER Hijau dari KLHK Republik Indonesia
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 1 Januari 2024 18:35 WIB
PT Bridgestone Tire Indonesia Raih PROPER Hijau dari KLHK Republik Indonesia. (Foto: Bridgestone)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) mengabarkan bahwa fasilitas produksinya di Karawang sukses meraih PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI). 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hasil ini merupakan kali kedua Bridgestone Indonesia mendapatkan predikat PROPER Hijau, sebelumnya Bridgestone meraih penghargaan yang sama di tahun 2020.

Diinfokan oleh Bridgestone Indonesia bahwa dari 196 perusahaan lainnya yang meraih peringkat Hijau, bahkan Bridgestone Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan komponen otomotif, khususnya dari industri karet dan ban yang mendapatkan predikat PROPER Hijau. Keberhasilan meraih predikat PROPER Hijau dari KLHK ini sejalan dan menjadi kontribusi nyata Bridgestone E8 Commitment, sebagai pilar perusahaan dari sisi CSR dan keberlanjutan.

“Kami mengapresiasi penghargaan Pemerintah RI terhadap aksi nyata dan kerja keras kami dalam program keberlanjutan dan pengelolaan lingkungan yang kami lakukan. Penghargaan ini juga menjadi bukti nyata dari Bridgestone E8 Commitment yang menjadi pedoman kami dalam memastikan aspek-aspek keberlanjutan selalu ada dalam semua kegiatan keseharian kami dalam melayani masyarakat, sesuai dengan visi misi kami yakni Serving Society with Superior Quality. Kami berkomitmen untuk terus menjalankan pengelolaan lingkungan yang lebih baik di masa yang akan datang,” ujar Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno.

Kriteria pemberian predikat PROPER ditentukan berdasarkan dua kategori penilaian, yaitu kriteria penilaian ketaatan serta kriteria penilaian lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan atau Beyond Compliance.

Dari sisi kriteria penilaian ketaatan, diraihnya predikat PROPER Hijau tahun 2023 oleh Bridgestone Indonesia bukan tanpa alasan. Selama tahun 2022, perusahaan telah berhasil melakukan efisiensi energi sebesar 65.2ribu GJ serta berhasil mereduksi emisi gas sebesar 5.3ribu Ton CO2-eq.

Hal tersebut menjadikan perusahaan mampu untuk tetap memproduksi ban-ban berkualitas unggul bagi masyarakat tanpa memberikan dampak negatif yang besar pada lingkungan.

Selain pencapaian di atas, predikat PROPER Hijau dari kriteria penilaian ketaatan juga diberikan kepada perusahaan atas upayanya dalam mengurangi limbah, baik B3 maupun Non-B3, sebesar lebih dari 400 Ton, penghematan penggunaan air sebesar lebih dari 100 ribu m3, serta penurunan beban pencemaran senilai lebih dari 3 ribu Ton.

Dari sisi penilaian lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan atau Beyond Compliance, Bridgestone Indonesia diganjar predikat PROPER Hijau berdasarkan inovasi-inovasi teknologi yang dilakukan guna mencapai pengurangan emisi di atas seperti inovasi pada motor mesin ekstruder yang berkontribusi terhadap reduksi energi sebesar 1.4K GJ serta inovasi pada proses curing dalam produksi ban kendaraan yang berkontribusi terhadap reduksi emisi sebesar 435 Ton CO2-eq. 

Persyaratan Beyond Compliance tersebut juga dipenuhi dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR), di bidang keanekaragaman hayati yakni dalam upaya perlindungan konservasi mangrove di Kawasan Muara Gembong, Bekasi. Sedang di bidang pemberdayaan masyarakat, dalam bentuk pemberdayaan masyarakat pesisir di kawasan Muara Gembong, Bekasi dan program desa binaan di kawasan Pabuaran, Bogor.

Lebih lanjut, PROPER merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. PROPER mencakup 4 (empat) kegiatan utama, yakni Pengawasan penaatan perusahaan, penerapan keterbukaan dalam pengelolaan lingkungan atau public right to know, pelibatan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup, dan pelaksanaan kewajiban perusahaan untuk menyampaikan informasi terkait pengelolaan lingkungan.

Dalam pelaksanaan PROPER, terdapat 5 peringkat yang menunjukkan hasil penilaian PROPER yaitu: emas, hijau, biru, merah, dan hitam. PROPER emas menunjukkan nilai yang terbaik, sedangkan merah dan hitam dinilai buruk.

Perusahaan yang mendapatkan peringkat emas, hijau, dan biru diindikasikan taat dalam pengelolaan lingkungan hidup. Penilaian PROPER dilakukan setiap tahun, dimana pada setiap hasil penilaian akan diketahui perusahaan peserta mana saja yang dinilai comply maupun tidak.

Hasil penilaian tersebut akan tercantum dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), seperti tahun ini tertulis pada Kepmen LHK RI No. SK.1353/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2023 tentang Hasil Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup tahun 2022 – 2023.

Pilihan Editor: Penjualan Ban Bridgestone di Serang Dipegang TOMO Sumber Sukses Ban

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi