Honda Duluan Menjual Motor Listrik, Yamaha E01 Kapan?
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 15 Januari 2024 08:20 WIB
Yamaha E01, 22 April 2022. TEMPO/Dicky Kurniawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda mendahului kompetitornya, Yamaha dalam menjual motor listrik di Indonesia. Diketahui saat ini, Yamaha E01 masih melakoni studi pasar atau yang disebut sebagai Proof of Concept (PoC).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Antonius Widiantoro, Assistant Manager Marketing - Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan hingga saat ini studi E01 telah memasuki tahap akhir.

Diketahui ada empat kota yang terpilih sebagai lokasi uji kendara Yamaha E01 karena dinilai merepresentasikan karakter jalan, medan geografis, cuaca, suhu udara, serta tingkat eksistensi pengguna EV yang beragam sebagai bahan evaluasi. Tak kurang dari 20 unit Yamaha E01 disebar di Jakarta, Medan, Bandung, dan Bali.

"EV periode terakhir Bali, itu awal bulan Februari, sebentar lagi selesai (4.000 orang menjajal Yamaha E01)," kata Antonius di Jakarta, Jumat, 13 Januari 2024.

POC ini merupakan diharapakan menjadii wujud dari penerapan Yamaha Long Term Vision (LTV) 2050, yang bertujuan meraih pencapaian Carbon Neutral hingga zero percent. Selain itu Yamaha berharap bisa mengembangkan kendaraan ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Kita masih fokus Yamaha E01 POC, saat ini Yamaha mau fokus POC-nya dulu supaya kita bisa dapat input sebanyak-banyaknya untuk pengembangan EV," Anton menambahkan.

Sebagai informasi, Yamaha E01 dibekali baterai berkapasitas 4,9 kWh dengan jenis tanam. Diklaim motor listrik ini bisa menyemburkan tenaga hingga 10,8 dk pada 5.000 rpm dan torsi 30,2 Nm di 1.950 rpm.

Yamaha memberikan sumber tenaga fixed baterai Lithium-ion yang dilengkapi dengan built in Battery Management System. Yamaha E01 mampu menempuh jarak sejauh 104 km (berdasarkan tes internal dengan kecepatan konstan 60 km/jam) dalam kondisi bateri terisi penuh.

"Yamaha E01 adalah yang di-expect oleh konsumen dengan jarak 104 km untuk sekali pengecasan mereka puas dengan hasil itu," jelas Anton.

Pilihan Editor: Motor Listrik Yamaha E01 Masih Belum Dijual, Begini Cara Sewanya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi