Goodyear Kembali Siapkan Ban Khusus Mobilitas di Bulan
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 26 Januari 2024 08:19 WIB
Goodyear siapkan ban untuk Eksplorasi Lunar Lockheed Martin menjelajahi bulan. (Foto: Goodyear)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaGoodyear Tire & Rubber Company memulai kerjasama proyek ban khusus mobilitas bulan bersama NASA pada tahun 1969, hingga akhirnya dua ban non-pneumatik XLT Goodyear menjadi ban pertama yang melaju di permukaan bulan selama misi Apollo 14 di tahun 1971.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kini Goodyear dan Lockheed Martin berkolaborasi untuk menghadirkan inovasi baru dalam mobilitas di Bulan. Sebagai salah satu pakar dalam industri ban, Goodyear akan fokus pada pengembangan ban kendaraan ke bulan dengan memanfaatkan teknologi ban tanpa udara yang canggih.

Dalam kerjasama dengan Lockheed Martin, bertujuan untuk menciptakan kendaraan mobilitas lunar generasi terbaru yang dapat diadopsi oleh NASA, perusahaan komersial, serta lembaga antariksa lainnya.

"Program Artemis NASA membutuhkan sarana transportasi di permukaan Bulan, dan kami berkomitmen untuk menyediakan kendaraan yang dapat dikemudikan astronot maupun yang dapat beroperasi secara otonom," ujar Kirk Shireman, Wakil Presiden Kampanye Eksplorasi Lunar Lockheed Martin.

Kitk menambahkan pihaknya sedang mengembangkan kendaraan mobilitas bulan generasi baru ini untuk melayani NASA serta mendukung perusahaan komersial dan lembaga antariksa lainnya dalam eksplorasi sains dan manusia.

"Pendekatan ini menunjukkan keinginan NASA agar industri dapat memimpin dengan upaya komersial yang memungkinkan badan antariksa ini menjadi salah satu dari sekian banyak pelanggan," dia menambahkan.

Goodyear berencana untuk membawa keahlian dalam teknologi ban tanpa udara ke Bulan pada kendaraan mikro-mobilitas yang telah diuji di Bumi, beserta shuttle otonom dan kendaraan penumpang.

Saat ini, perusahaan-perusahaan ini tengah mengaplikasikan keahlian yang ada di dalam proyek ini, termasuk uji konsep tempat uji tanah di Bulan.

"Goodyear mengambil setiap masukan dari pembuatan ban untuk lingkungan operasional yang sangat sulit di Bulan, sebagai upaya untuk meningkatkan performa ban tanpa udara kami di Bumi, hal ini juga merupakan upaya Goodyear untuk berkontribusi pada mobilitas di Indonesia yang dikenal memiliki berbagai macam medan termasuk medan ekstrem," tutur Iman Santoso, Presiden Direktur Goodyear Indonesia.

Meskipun rover Bulan Apollo awalnya dirancang untuk digunakan selama hanya beberapa hari dalam radius lima mil dari lokasi pendaratannya, kendaraan yang futuristik harus mampu melewati medan yang kasar dengan jarak yang lebih jauh dan dapat bertahan di suhu yang ekstrem.

Pilihan Editor: Goodyear Autocare Hadirkan Promo Payday di Toko Online

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi