RacE-Fuel WSBK R40-A akan Dipakai di WorldSBK Australia 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 13 Februari 2024 10:10 WIB
Tim ROKiT BMW Motorrad WorldSBK. (Foto: BMW Motorrad)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaSeri pembuka WorldSBK 2024 di Phillip Island akan memulai kesepakatan yang dibuat pada Maret 2023 yakni BMW Motorrad Motorsport dan NORDOEL untuk penggunaan bahan bakar RacE-Fuel WSBK R40-A.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Masa depan balap motor kini telah mengarah pada pengembangan bahan bakar yang bertujuan untuk mengurangi dampak balap terhadap lingkungan.

Mengintegrasikan teknologi canggih dan proses produksi berkelanjutan, telah dikembangkan bahan bakar yang tidak hanya menjaga kinerja mesin tetapi juga mengurangi emisi CO2  secara signifikan.

RacE-Fuel WSBK R40-A dengan bahan bakar rendah CO2 , dengan pangsa regeneratif minimal 40%, akan secara resmi debut pada awal musim FIM Superbike World Championship (WorldSBK) di Australia.

Tes awal dengan bahan bakar alternatif berhasil diselesaikan pada bulan Januari di Jerez, Spanyol, dan Portimao, Portugal. Hal ini didahului dengan pembangunan fasilitas pengujian mesin yang tak terhitung jumlahnya di Munich selama berjam-jam. 

Bahan bakar RacE-Fuel WSBK R40-A. (Foto: BMW)

Selama pengujian di Eropa Selatan, Tim ROKiT BMW Motorrad WorldSBK, Tim Balap BMW Aksi Bonovo, dan Tim Uji BMW Motorrad WorldSBK mengoptimalkan efisiensi dan kinerja bahan bakar alternatif untuk balapan motor.

RacE-Fuel WSBK R40-A, dengan kandungan “non-fosil” minimal 40% sebagaimana diamanatkan regulasi FIM tahun 2024, telah terkonfirmasi. Dengan demikian, RacE-Fuel WSBK R40-A menjadi bahan bakar regeneratif pertama yang berbasis MtG (Methanol-to-Gasoline).

“Sesuai dengan regulasi di FIM WorldSBK, penggunaan bahan bakar dengan kandungan non-fosil minimal 40 persen akan diwajibkan mulai musim ini. Kami sangat senang telah menemukan mitra dengan keahlian luar biasa di NORDOEL,” kata Christian Gonschor, Direktur Teknis BMW Motorrad Motorsport. 

Sedangkan Dirk Wullenweber, Director Commercial Fuel & Marketing of NORDOEL mengatakan, “Tujuan kami adalah menciptakan solusi berkelanjutan untuk industri motorsport, dan bahan bakar yang mengurangi CO2 ini merupakan langkah signifikan ke arah tersebut. Tujuan dari kolaborasi kami adalah untuk mengembangkan bahan bakar beroktan 102 dengan penghematan CO2  sebesar 99% , mirip dengan eFuel 95 Octane (99% terbarukan).”

Pilihan Editor: Marc Marquez dan Alex Marquez Ikut Geber Ducati Panigale V4S di Tes WorldSBK

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi