IIMS 2024: Wuling Cloud EV Ramaikan Segmen Medium Hatchback
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 20 Februari 2024 05:57 WIB
Wuling Cloud EV. (Wuling)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaWuling Cloud EV dirilis di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 15 Februari 2024. Mobil listrik ini akan menghiasi booth Wuling Motors Indonesia di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, hingga 25 Februari 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cloud EV tampil sebagai pilihan baru di segmen mobil listrik medium hatchback dan bersaing dengan sesama pendatang baru, BYD Dolphin. Cloud EV melengkapi jajaran kendaraan listrik Wuling yang sebelumnya sudah dipasarkan yakni Air ev dan Binguo EV. 

Product Planning Wuling Motors Indonesia Danang Wiratmoko mengatakan bahwa Cloud EV hadir dengan tampilan dinamis dan ringan pada bagian eksteriornya. Lalu juga memiliki ruang kabin yang lapang meski sebagai sebuah medium hatchback.

"Cloud EV menawarkan eksterior dan interior yang elegan dan menyajikan kenyaman lebih serta menawarkan solusi mobilitas ramah lingkungan kepada masyarakat," kata Danang dalam keterangan resmi, Selasa, 20 Februari 2024. 

Danang menjelaskan bahwa desain yang diimplementasikan pada mobil listrik ini terinspirasi dari lekukan dan bentuk awan (Cloud Shaped Design) dengan siluet melengkung tanpa sudut yang tajam. Rancang bangun tersebut menambah kesan minimalis yang ramah dan lembut. Kemudian pada fascia depan dihiasi dengan bentangan lampu DRL horizontal di bagian tengah dengan lampu sein LED di kiri dan kanan serta LED projector headlamp di bagian bawahnya.

Di bagian samping, Cloud EV mengaplikasikan desain aerodinamis. Mobil listrik ini dibekali dengan Multifunctional Rearview Mirror dan Hidden Inductive Door Handles yang menambah kesan sleek pada bagian pintu.

Medium Hatchback listrik ini menggunakan velg alloy berukuran 18 inci dengan desain yang terinspirasi dari Bianglala. Di buritan mobil ini tampil modern dengan LED position lamp horizontal dan lampu belakang LED dengan High Stop Mount Lamp serta built-in antenna.

Cloud EV mengusung konsep Home Life Space di dalam ruang kabin dengan ruang yang luas serta nuansa kenyamanan maksimal bagaikan di rumah pada setiap sudut. Kesan nyaman dan lembut pun ditonjolkan melalui desain bangku Italian Bubble Sofa Style yang dapat diatur secara elektrik enam arah di kursi pengemudi dan empat arah di kursi penumpang depan.

Material premium berkualitas pun semakin menambah impresi berkelas di ruang kabin yang melapisi dashboard, sandaran tangan pada door trim, hingga konsol tengah. Tidak ketinggalan lapisan kulit juga membalut lingkar kemudi yang dihiasi berbagai tombol pengoperasian fungsi.

Cloud EV dibekali dengan dua layar besar pada bagian dashboard. Segala informasi kendaraan dapat dipantau pengemudi melalui layar 8.8 Inch Multi Information Display. Di samping itu, pusat kendali fitur dan hiburan canggih pun terintegrasi di layar head unit 15.6 Inch LED Central Control Screen yang berada di tengah. "Kedua layar tersebut memiliki resolusi yang tinggi untuk memaksimalkan visual bagi pengguna Cloud EV," tutur Danang. 

Danang mengklaim Cloud EV mengusung ruang kabin yang lega dengan 18 kompartemen penyimpanan. Tidak hanya itu, penyimpanan barang juga didukung bagasi deep sunk dengan volume hingga 606 liter. Bila membutuhkan ruang bagasi yang lebih, pengguna dapat melipat bangku belakang hingga rata untuk mendapatkan volume maksimal 1.707 liter.

Hal unik terkait interior Cloud EV ialah Sofa Mode yang menambah kenyamanan dalam kabin. Fungsi ini dioperasikan dengan cara merebahkan bangku baris pertama dengan maksimal kemudian merebahkan bangku belakang hingga 135 derajat sehingga keseluruhan kursi menyerupai sofa panjang yang nyaman. Sofa Mode dapat digunakan saat beristirahat dalam perjalanan.

Rekan Danang di Product Planning Wuling Motors, Aji Ibrahim, menambahkan bahwa Cloud EV memadukan tampilan elegan dan kenyamanan tinggi untuk penumpang. 

Namun demikian, Wuling Motors Indonesia belum menginformasikan soal harga untuk Cloud EV. Mobil listrik ini di posisikan di atas Binguo EV dan jika melihat pesaingnya adalah BYD Dolphin yang dijual Rp 425 juta, maka sangat wajar jika Cloud EV dipasarkan di rentang harga yang berdekatan, sekitar Rp 400 juta. 

Pilihan Editor: BYD Umumkan Harga Dolphin, Atto 3, dan Seal di IIMS 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi