BYD Dolphin Versi Murah Rp 150 Jutaan Dirilis di Cina
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 8 Maret 2024 08:58 WIB
BYD Dolphin Mini Honor Edition. (BYD)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Raksasa otomotif Cina, BYD, merilis versi murah dari mobil listrik Dolphin, 6 Maret 2024. Mobil ini menggunakan nama Dolphin Mini atau Seagul untuk pasar domestik. Model baru ini juga disebut sebagai Honor Edition dengan harga mulai 69.800 yuan atau setara Rp 151 jutaan (kurs saat ini 1 yuan = Rp 2.173). 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dolphin Mini Honor Edition memiliki tenaga 55 kW dengan torsi 135 Nm. Mobil ini menawarkan dua pilihan baterai Blade (LFP) dengan jarak tempuh hingga 305 km dan 405 km (CLTC). Baterainya berkapasitas 30,08 kWh dan 38,88 kWh. 

Dolphin versi kecil ini dibekali layar sentuh adaptive 10,1 inci. Sama seperti Dolphin yang dijual di Indonesia, layar ini bisa diputar untuk menyesuaikan keingingan pengguna. Mobil ini juga terintegrasi dengan koneksi Blutooth dan NFC. 

BYD Dolphin Mini Honor Edition. (BYD)

Di sektor keselamatan, pabrikan Cina ini membekalinya dengan empat kantung udara, ESP hingga EPB. Untuk varian tertinggi mendapatkan tambahan kantung udara di sisi samping kursi penumpang. 

Teknologi canggih seperti sistem bantuan mengemudi (intelligent driving assistance), adaptive cruise control, active energency braking, traffic sign recognition, dan lane departure warning, juga akan menjadi poin lebih pada varian tertinggi. 

Dolphin Mini merupakan model terlaris BYD. Berdasarkan data perusahaan, sejak debut di Shanghari Auto Show pada April tahun lalu, Dolphin Mini mencatat rekor penjualan 280.217 unit hingga akhir Desember lalu. Model ini menjadi penantang langsung mobil listrik Wuling Binguo EV.

Harga murah Dolphin Mini Honor Edition juga menjadi ancaman bagi mobil-mobil bermesin pembakaran internal. BYD yang sudah menghentikan produksi mobil bermesin ICE sejak April 2022 memang gencar mengeluarkan mobil listrik baterai dan Plug-in Hybrid. Keduanya memiliki harga yang setara dengan mobil bermesin bensin. 

Daftar harga tiga varian BYD Dolphin Mini Honor Edition:

- 305 km Active - 69.800 yuan- 305 km Free - 75.800 yuan- 405 km Flying - 85.800 yuan

BYD telah memasarkan tiga model mobil listriknya di Indonesia sejak 15 Februari 2024. Tiga model itu adalah Dolphin, Atto 3, dan Seal. Dolphin menjadi model termurah BYD di Indonesia dengan banderol Rp 425 juta (on the road DKI Jakarta). 

Sangat menarik jika BYD juga akan mendatangkan Dolphin Mini Honor Edition ke Indonesia. Bisa jadi mobil ini akan menjadi penantang serius bagi penguasa mobil listrik entry level saat ini, Wuling Air ev. 

Pilihan Editor: Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu: Handling dan Suspensi Terasa Nyaman

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi