Ini Cara saat Pakai Charger Motor agar Ponsel Aman
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 18 Maret 2024 11:00 WIB
Power charger motor. Foto: Honda
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Jika pengendara hendak mengisi daya ponsel pada soket charger yang ada di motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah ponsel harus dalam kondisi mati saat mengisi daya ponsel.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Wahana Honda pada hari ini, Senin, 18 Maret 2024. Menggunakan charger motor untuk  perangkat ponsel menyala dapat mengakibatkan panas berlebih pada ponsel. Selain itu, pastikan juga mesin motor dalam kondisi menyala untuk menghindari aki tekor.

Mengisi daya ponsel di motor juga harus dipastikan menggunakan perangkat kabel yang berkualitas. Hal ini bertujuan menghindari terjadi permasalahan seperti meleleh atau bahkan korsleting.

Ngecas HP di Motor Bisa Bikin Aki Tekor?

Sebenarnya, keluaran pengisian daya HP di motor tidak akan berpengaruh terhadap usia akumulator atau aki, selama pada saat pengecasan mesin motor tetap menyala. Sebab, jika mesin mati, penggunaan arus diambil dari arus aki.

Meskipun tidak begitu berpengaruh sepenuhnya terhadap aki, ada baiknya tidak membiasakan mengisi daya baterai ponsel menggunakan output daya yang tersedia di motor.

Sebab, daya yang dikeluarkan aki sering tidak stabil dan ini bisa berpengaruh terhadap daya tahan baterai ponsel. Jika output listrik yang dikeluarkan motor sesuai dengan spesifikasi daya ponsel, maka hal tersebut tidak menjadi masalah.

Pilihan Editor: Simak 5 Tips Berkendara Motor Saat Berpuasa, Santap Sahur yang Sehat

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi