Menko PMK Siapkan Kendaraan Pengangkut Motor untuk Mudik Gratis
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 19 Maret 2024 12:00 WIB
Beberapa unit sepeda motor pemudik Program Mudik Nataru tiba di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Sabtu petang, 23 Desember 2023. Minat pemudik gratis meningkat tahun ini. TEMPO/SEPTHIA RYANTHIE
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) telah menyiapkan layanan mudik gratis pada Lebaran 2024. Langkah tersebut diambil supaya masyarakat tidak mudik menggunakan motor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau agar pemudik yang menggunakan motor dapat memanfaatkan fasilitas mudik gratis.

Dirinya juga memastikan bahwa pemerintah sudah menyediakan kendaraan pengangkut sepeda motor pada mudik Lebaran 2024. Hal itu ia sampaikan setelah mengikuti Rapat Tingkat Menteri (RTM) Angkutan Lebaran 2024 di Kantor Kemenko PMK di Jakarta, Senin, 18 Maret 2024.

"(Pemudik dengan kendaraan) roda dua kita imbau untuk lebih baik ikut mudik gratis. Toh, kita siapkan juga untuk mengangkut kendaraan roda dua," kata dia seperti dikutip Gooto dari Antara hari ini, Selasa, 19 Maret 2024.

Lebih lanjut Muhadjir mengatakan bahwa program mudik gratis yang akan diselenggarakan pemerintah ini juga menyiapkan kendaraan pengangkut sepeda motor bagi peserta program mudik gratis dengan kapal laut.

"Jadi untuk mudik dengan kapal laut itu, (kendaraan) roda dua bisa dimasukkan di kapal sekaligus," tegas Muhadjir.

Maka dari itu, Muhadjir juga mengimbau kepada para pelaku usaha swasta untuk mengadakan program mudik gratis, demi mengurai kemacetan, serta meminimalisir angka kecelakaan dalam mudik 2024. Menurut dia, mudik dengan kendaraan roda dua merupakan tindakan berbahaya, dan berisiko untuk dilakukan.

"Yang penting selamat, kalau mudik (dengan kendaraan) roda dua mengapa tidak pakai (fasilitas) mudik gratis saja? Apalagi bawa anak kan? Jadi diusahakan (ikut program mudik gratis)," ujar Muhadjir.

Meski demikian, ia menyebut pemerintah tidak akan mengambil tindakan tertentu bilamana terdapat pemudik dengan kendaraan roda dua, demi menjaga kelancaran arus mudik. "Tapi, tentu saja itu sangat berbahaya, apalagi itu (kalau membawa) anak kecil, dan beberapa kali terjadi kecelakaan sampai yang meninggal anaknya," ucap dia.

"Sebaiknya kita imbau (para pemudik dengan kendaraan roda dua) gunakan sajalah mudik gratis, bisa lewat kementerian terkait," tutup dia.

Pilihan Editor: V-Belt Motor Matik Masih Selip Meski Sudah Diganti, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi