Tips Bikin Motor Selalu Optimal Meski Ditinggal Libur Lebaran 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 7 April 2024 07:00 WIB
Ilustrasi sepeda motor. TEMPO / Hilman Fathurrahman W
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak ditinggal pemiliknya saat libur Lebaran 2024. Pada kondisi tersebut, sebaiknya motor ditinggalkan dalam kondisi yang optimal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oleh karenanya, PT Piaggio Indonesia memberikan tips merawat kendaraan roda dua saat ditinggal dalam waktu lama. Ayu Hapsari, BTL, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia, mengatakan, sebagai perusahaan otomotif pihaknya memprioritaskan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan baik untuk city riding maupun touring.

"PT Piaggio Indonesia mengajak pemilik kendaraan dari Piaggio Group Brands untuk senantiasa merawat kendaraannya di Dealer Motoplex terdekat, terlebih sebelum momen liburan Lebaran 2024. Dengan begitu, para pengguna produk Piaggio Group brands dapat benar-benar maksimal menikmati momen menyenangkan bersama kendaraan mereka," ucap dia dalam keterangan resminya, Sabtu, 6 April 2024.

Bagi para pemilik motor yang berencana meninggalkan kendaraannya dalam waktu lama atau selama masa libur Lebaran, berikut tips perawatan motor sebelum ditinggal berlibur:

1. Lakukan penggantian oli dan kuras tangki bahan bakar hingga habis untuk mencegah proses pengembunan yang dapat menyebabkan korosi, jika kendaraan akan ditinggalkan hingga lebih dari satu bulan. Apabila ditinggal kurang dari satu bulan, pengguna cukup mengisi full tangki bensin.

2. Jika kendaraan akan ditinggal lebih dari satu bulan, cabut baterai aki dan charge hingga full, lalu disimpan di tempat yang tidak lembab. Apabila ditinggal kurang dari satu bulan, pengguna cukup melepaskan kabel terminal negatif (-).

3. Cuci kendaraan sebelum disimpan 

4. Gunakan standar tengah dan berikan alas pada roda (seperti kayu atau kain tebal) agar tekanan udara tidak mudah menurun.

5. Gunakan kunci pengaman ganda dan pastikan menutup kendaraan dengan cover khusus kendaraan roda dua.

Untuk melakukan pengecekan kendaraan atau mengetahui ketersediaan suku cadang, pelanggan Piaggio juga dapat membawa kendaraannya ke dealer Motoplex terdekat.

Selama masa libur Lebaran 2024, PT Piaggio Indonesia akan menyiagakan dealer Motoplex yang kini tersedia di 58 titik di seluruh Indonesia, termasuk untuk melayani kebutuhan produk Aprilia dan Moto Guzzi yang bisa dilakukan di 16 titik Motoplex 4 Brand.

Pilihan Editor: Mitsubishi Hadirkan Adventure Points saat Mudik Lebaran 2024, Simak Promonya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi