Menhub Minta Jepang Kolaborasi dengan BUMN untuk Pengembangan Transportasi di IKN
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 26 April 2024 07:58 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi didampingi oleh Plh Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal kunjungan ke Jepang bertemu dengan sejumlah pihak, mulai dari Menteri Transportasi Jepang dan beberapa CEO yang berkecimpung di dunia transportasi. (Foto: Kemenhub)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta pemerintah Jepang untuk bisa berkolaborasi dengan BUMN untuk pengembangan jaringan transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara. Permintaan ini disampaikan Budi Karya saat melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang selama dua hari pada 24-25 April 2024. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Saya harap ini menjadi langkah awal menuju kerja sama yang bermanfaat antara kedua pihak dalam mengembangkan konektivitas di IKN," kata Budi Karya, dikutip dari Tempo.co pada hari ini, Jumat 26 April 2024.

Sebelumnya, Menhub juga bertemu dengan Senior Vice President of Japan International Cooperation Agency (JICA), Hataeda Mikio. Pertemuan ini membahas kerja sama proyek infrastruktur transportasi yang sudah berjalan, misalnya Pelabuhan Patimban, Proving Ground Bekasi, dan proyek MRT Jakarta. 

Budi Karya juga mendorong Toyota Tsusho Corporation agar membuka peluang baru serta mengundang lebih banyak produsen mobil agar mau melakukan ekspor lewat pelabuhan hasil konsorsium Indonesia-Jepang.

"Termasuk produsen mobil non-Jepang untuk melakukan ekspor melalui Pelabuhan Patimban," ujarnya.

Sedangkan, untuk proyek Proving Ground Bekasi, Menhub mengungkapkan akan segera dilakukan soft opening pada September 2024. Nantinya, akan dilakukan pengujian di beberapa fasilitas tersebut.

DICKY KURNIAWAN | TEMPO.CO

Pilihan Editor: 2 Perusahaan Mobil Listrik Siap Meramaikan Pengembangan EV di IKN

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi