5 Tips Menangkap Keindahan Motor Hanya Melalui Smartphone
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 23 Mei 2024 16:00 WIB
Vespa (Foto: Gooto/Dimas Prassetyo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Motor memang cocok untuk jadi objek foto konten media sosial, apalagi secara khusus memiliki desain ikonis dan legendaris lintas generasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun perlu diketahui jika, foto-foto yang kece untuk konten estetik di media sosial bisa dibuat hanya dengan kamera smartphone. Selain harus memahami fitur-fitur kamera di smartphone, ada juga beberapa hacks lain seperti pemilihan lokasi, pencahayaan, hingga komposisi dan pengaturan kamera yang akan menentukan hasil konten sesuai preferensi.

Berikut beberapa tips oto pakai kamera smartphone untuk menghasilkan foto konten yang menarik yang diberikan oleh PT Piaggio Indonesia.

1. Setting kamera terbaik untuk hasilkan foto yang sempurna

Setiap smartphone memiliki pengaturan kamera yang berbeda, namun untuk mendapatkan hasil foto terbaik, pastikan kamera diatur pada resolusi tertinggi dan aktifkan HDR (High Dynamic Range) agar foto terlihat lebih jelas dan kontras. 

Menangkap foto Vespa sebagai objek utama biasanya akan lebih menarik jika diambil dalam kondisi pencahayaan yang memberi spotlight utama pada Vespa tersebut, dan kamu dapat menyesuaikan exposure pada smartphone untuk mendapatkan pencahayaan yang diinginkan.

2. Kombinasikan latar belakang dengan “Magic Hours” untuk foto outdoor

Pencahayaan berpengaruh besar dalam menghasilkan foto yang menarik. Manfaatkan "magic hour" antara jam 7-9 pagi dan jam 5 sore untuk mendapatkan cahaya alami yang optimal dan memberikan bayangan dramatis serta nuansa hangat saat memotret motor.

Pemilihan lokasi juga penting untuk bisa menambah dimensi dan makna terhadap foto, sehingga memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

3. Gunakan rule of thirds untuk dapatkan komposisi dan angle yang pas 

Sudut pengambilan foto menjadi elemen penting untuk menghasilkan konten yang aesthetic. Gunakan teknik rule of thirds dengan menempatkan objek pada sepertiga frame dan memanfaatkan fitur Gridlines di menu kamera smartphone untuk menata posisi objek agar presisi.

Untuk hasil dramatis, tempatkan kendaraan di sudut kiri atau kanan, atau gunakan sudut low angle untuk kesan megah dan mewah. Jika ingin tampilan Vespa lebih stylish dan colorful, tempatkan di bagian tengah.

4. Maksimalkan kreativitas dengan menambah elemen dan properti dari sekelilingmu

Untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik foto Vespa, manfaatkan elemen di sekeliling sebagai properti tambahan, seperti menggunakan smartphone lain untuk menciptakan refleksi menarik. Refleksi ini menambah elemen kejutan yang menyenangkan terhadap foto.

Selain itu, perhatikan detail Vespa dan fitur-fitur terbarunya, seperti spion baru, lampu LED, handlebar baru, dan finishing chrome yang mengesankan. Detail ini memperkaya visual foto dan memberikan informasi tambahan yang berharga tentang objek, sehingga meningkatkan nilai keseluruhan foto.

5. Kenali audiens untuk hasil yang maksimal

Mengetahui siapa audiens kamu adalah kunci untuk membuat foto yang menarik dan relevan. Pahami tren yang digemari target audiens, termasuk gaya foto atau musik yang sedang populer.

Rencanakan konsep sampai layout foto yang diinginkan sehingga pengambilan foto lebih optimal sesuai tren dan preferensi di media sosial. Sebelum mengunggah hasil foto, pilih musik yang catchy untuk lebih menarik perhatian dan membangun koneksi kuat dengan audiens.

Pilihan Editor: Ducati Luncurkan Monster Senna Edition, Hanya Tersedia 341 Unit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi