Toyota Dikabarkan Mundur dari Formula 1
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 4 November 2009 16:29 WIB
.

TEMPO Interaktif, Tokyo:Toyota Motor Corporation (TMC) yang selama ini terlibat aktif dalam balapan bergengsi Formula 1, Rabu (04/11) dikabarkan akan mundur dari kegiatan balapan itu pada 2010 mendatang.

Toyota Seperti dikutip Mainichi Newspaper, mundurnya TMC dari F1 itu dikarenakan turunnya penjualan akibat krisis global.

Toyota merupakan satu-satunya tim Jepang yang tinggal di F1 namun tidak memiliki pembalap untuk musim balap pada tahun depan.

Pabrikan ini disebut-sebut juga akan menarik diri sebagai pemasok mesin Williams mulai musim 2010.

Bila benar terjadi, langkah Toyota ini menambah deretan pabrikan otomotif dan perlengkapan otomotif yang menarik diri dari F1. Sebelumnya, pada Desember tahun lalu, Honda juga menyatakan mundur dari olah raga ini. Dan Senin (02/11) lalu pabrikan ban Bridgestone juga menyatakan mundur dari kegiatan F1 setelah musim balap 2010 mendatang.

Seperti diketahui, sejak 2002 Toyota tidak pernah memenangi kejuaraan balap F1 itu. Sementara dana anggaran yang digunakan juga semakin membesar. Setidaknya US $ 300 juta.

Pada awal tahun ini, Toyota telah menandatangani perjanjian concorde yang berisikan komitmen Toyota untuk tetap berada dalam ajang F1 setidaknya hingga 2012. Sehingga, bila benar-benar mundur Toyota harus mendapatkan ijin secara legal.

Manajemen Toyota, sebut Mainichi Newspaper, hingga saat ini  tidak membenarkan maupun membantah kabar yang menyebut Toyota mundur dari F1 tersebut.

ARIF ARIANTO
#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi