Audi RS5 Pesaing BMW M3 Andalan Baru di 2010  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 23 Februari 2010 12:51 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, Munich - Setelah membuat penasaran kalangan penggemar mobil Audi akhirnya Senin (22/2), pabrikan otomotif Jerman Audi AG resmi mengumumkan rincian spesifikasi model terbarunya Audi RS5.

Seperti dikutip Autoevolution sumber pabrikan ini mengatakan, meski masih menggunakan mesin 4.200 cc V8 dari model S5, namun semburan tenaga yang dihasilkan RS5 itu meningkat menjadi 450 daya kuda. Tenaga S5 hanya 354 daya kuda.

“Semburan tenaga RS5 sebesar itu dicapai pada 8.250 rpm, sedangkan torsi maksimum 430 Newton meter (Nm) pada 4.000 hingga 6.000 rpm,” tutur sumber itu.

Semburan tenaga sebesar itu dipadukan dengan sistem transmisi S Tronic tujuh tingkat percepatan. Sedangkan akselerasi kecepatan 0–100 kilometer per jam mampu direngkuh dalam tempo 4,6 detik. Audi mengklaim, mobil ini mampu mencapai kecepatan maksimal 250 kilometer per jam.

Sementara Thenextcars menyebut, generasi anyar Audi RS itu menggunakan penggerak empat roda (Quattro). Dengan Quattro itu, maka kemampuan RS5 akan melebihiRS4, selain lebih asyik untuk dikendarai tentunya.

Sebab, dengan penggunaan sistem penggerak empat roda itu akan membuat coupe besar itu memiliki pengendalian (handling) yang lebih ringan dan responsif. Meski memiliki kecepatan dan daya responsif yang tinggi, tetapi Audi menjamin mobil ini tetap aman dikendarai, karena abrikan itu melengkapinya dengan rem dari bahankeramik karbon.

Mobil yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing berat BMW M3 dan Mercedes C63 itu menggunakan velg berukuran 19 inci (bahkan tersedia pilihan 20 inci), serta magnetic damper yang dimodifikasi diambil dari TT sehingga kesan macho begitu kuat memancar.

Ihwal harga sumber Audi menyebut akan mengumumkannya pada gelaraen pameran otomotif Jenewa Maret mendatang. Tetapi, ancar-ancar banderol itu diperkirakan mulai 77.700 Euro atau sekitar Rp 985,47 juta.

ARIF ARIANTO

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi