Waduh.Toyota Kembali Tarik Produk di Kanada
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 19 April 2010 05:48 WIB
.
TEMPO Interaktif,Toronto:Isu penarikan produk (recall) nampaknya masih terus membelit pabrikan otomotif, Toyota Motor Corporation (TMC) di benua Amerika. Dalam rentang sepekan yang lalu, setidaknya tiga isu menerpa pabrikan asal Jepang itu.

Setelah ontran-ontran rekomendasi dari majalah Consumer Report yang terbit di New York meminta calon konsumen untuk tidak membeli Toyota Lexus GX 460 karena rawan terguling, Toyota dikabarkan menarik 870 unit minivan Sienna di Amerika Serikat dan Kanada, Jumat (16/4).

Pada hari yang sama, seperti dikutip leftlanenews.com, Toyota ternyata juga menarik pick up Toyota Tundra dan Sport Utility Vehicle (SUV) Highlander. “ Toyota menyebutkan, karpet lantai yang merupakan aksesoris optional di mobil itu berpotensi menarik pedal gas, sehingga mobil melesat dengan tiba-tiba,” tulis situs tersebut.

Model yang ditarik adalah Tundra keluaran 2007-2010 serta Toyota Highlander dan Highlander Hybrid yang diproduksi 2008 – 2010. Total mobil yang ditarik itu mencapai 4.774 unit. Hanya, Toyota tak memerici jumlah masing-masing model yang ditarik tersebut.

Sementara itu Canada Press menyebut, Toyota telah meminta para pemilik untuk sementara tak menggunakan karpet itu. Toyota mengaku telah menghubungi para pemilik Tundra dan Higlander melalui surat untuk memberitahu mereka sekaligus menjelaskan prosedur untuk mendapatkan penggantian karpet.

Sebelumnya, seperti dilaporkan Reuters, Jumat (16/4) lalu, pabrikan ini mengumumkan menarik 870 ribu unit minivan Sienna yang dipasarkan di Amerika Serikat dan Kanada. Mobil yang ditarik adalah model yang diproduksi mulai 1998.

Alasan penarikan, karena kabel pengikat ban serep yang dipasang di bagian bawah mobil rentan berkarat sehingga ban berpotensi lepas dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

Penarikan dilakukan terhadap 600 ribu unit yang dipasarkan di Amerika Serikat. Sedangkan di Kanada model yang ditarik mencapai 270 ribu unit

ARIF ARIANTO

 

#Produksi Mobil
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi